SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPermainanMonopoli BrailleTerhadapKemampuanMembacaPermulaanPadaAnakTunanetraKelas II di SDLB-A YPAB Surabaya

yulita . ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, SetiaYulita2016.PengaruhPermainanMonopoli  BrailleTerhadapKemampuanMembacaPermulaanPadaAnakTunanetraKelas II di SDLB-A YPAB Surabaya, SKRIPSI, JurusanPendidikanLuarBiasa FIP UniversitasNegri Malang. Pembimbing (I) Drs.Ir.EndroWahyuno, M.Si, (II) Dr.Asim,M.Pd

 

Kata Kunci: Permainanmonopoli braille, membacapermulaan

 

Membaca adalah kegiatan yang sangat penting yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekedar melafalkan tulisan saja. Bagi peserta didik yang mengalami tunanetra, mengembangkan kemampuan membaca pemulaan di kelas awal masih sangat sulit karena keterbatasa nindra penglihatannya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perlua adanya inovasi dan modifikasi untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Permainan monopoli merupakan permainan yang terbuat dari papan yang berpetak-petak. Setiap petak monopoli akan diisi dengan kartu kata sederhana untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca perrmulaan peserta didik tunanetra sebelum menggunakan permaianan monopoli, mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pesertadidik setelah mengguanakan permainan menggunakan permaianan monopoli, mendeskripsikan pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik tunanetra kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya.

Penelitian ini termasuk penelitian esperimensemu (Quasi Eksperimen) dengan perbandingan subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrument penelitian ini berupa tes lisan dan tes kinerja untuk pre–tes dan post-tes.Teknik analisis yang digunakan adalah uji Wilcoxon yang diselesaikan secara manual.

Hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh niali = 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05dari daftar uji Wicoxon diperoleh = 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa  diterima dan  ditolak,  sebab  ≤ . Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapermainanmonopoliterhadappengaruh yang signifikandenganmembacapermulaanAnakTunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya