SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SDLB Kedungkandang Malang

Lini Dali Optima

Abstrak


ABSTRAK

 

Optima, Lini Dali. 2017. Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SDLB Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs. Abdul Huda, M.Pd, (2) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum.

 

Kata kunci: flip chart, kemampuan bina diri, tunagrahita.

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDLB Kedungkandang Malang, diketahui bahwa kemampuan menjaga kebersihan diri masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari kebersihan gigi siswa. Sebagian besar gigi mereka terlihat menguning, banyak kotoran yang menempel pada gigi, selain itu terdapat gigi yang berlubang serta bau mulut yang tidak sedap. Pada saat kegiatan pembelajaran materi menggosok gigi, siswa terlihat sangat pasif, kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, dikarenakan guru menyampaikan materi hanya secara lisan dan tertulis di papan tulis.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan bina diri (menggosok gigi) siswa tunagrahita kelas V SDLB Kedungkandang Malang sebelum diberikan media flip chart, (2) mendeskripsikan kemampuan bina diri (menggosok gigi) siswa tunagrahita kelas V SDLB Kedungkandang Malang sesudah diberikan media flip chart, (3) mendeskripsika pengaruh media flip chartterhadap kemampuan bina diri diri (menggosok gigi) siswa tunagrahita kelas V SDLB Kedungkandang Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa tunagrahita kelas V yang berjumlah 5 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kinerja. Sebelum dibelajarkan menggunakan media flip chartdiketahui nilai rata-rata pretest siswa 37,72. Sesudah dibelajarkan menggunakan media flip chart nilai rata-rata posttest siswa mengalami peningkatan menjadi 89,54. Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon, menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,041 < 0,05 maka halini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh media flip chart terhadap kemampuan bina diri (menggosok gigi) siswa tunagrahita kelas V SDLB Kedungkandang Malang. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada: (1) Kepala Sekolah, diharapkan dapat mensosialisasikan media pembelajaran agar guru lebih kreatif dalam mengajar, (2) Guru, diharapkan guru dapat menggunakan media flip chart dalam menyampaikan materi menggosok gigi, (3) penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan media flip chartdengan hambatan dan karakteristik yang berbeda.