SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggaruh Penggunaan Permianan Teka Teki Silang Bergambar terhadap Peningkatan Kosa Kata pada Anak Tunarungu Kelas I di SDLB Kedungkandang Malang

Yutafiri Peni Merpati

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Merpati, Yutafiri Peni. 2017. Penggaruh Penggunaan Permianan Teka Teki Silang Bergambar terhadap Peningkatan Kosa Kata pada Anak Tunarungu Kelas I di SDLB Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si (2) Sopingi, S. Sos, M. Pd.

 

Kata kunci: Permaianan teka-teki Silang Bergambar, Tunarungu, Peningkatan Kosa Kata

 

            Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas tunarungu kelas I di SDLB Kedungkandang Malang pada kegiatan pembelajaran tematik dapat diketahui beberpa permasalahan pada pembelajaran tematik utamanya penambahan kosa kata anak, diantaranya adalah peserta didik cenderung pasif, hanya memperhatikan penjelasan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa hanya mencatat materi yang disampaikan guru. Dari kenyataan tersebut berakibat nilai rata-rata peserta didik 4,17.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan teka-teki silang bergambar terhadap peningkatan kosa kata anak tunarungu kelas I di SDLB Kedungkandang Malang.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis penelitian Pre Eksperimental Design. Dan dalam penelitian, peneliti menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Design”.

            Hasil peningkatan kosa kata sebelum menggunakan permainan teka-teki silang bergambar yakni rata-ratanya 4,17 dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 3 sedangkan nilai maksimal 8. Hasil post-test setelah menggunakan permainan teka-teki silang bergambar yakni rata-ratanya 7,7 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 7 sedangkan nilai maksimal 8. Dengan hasil demikian dapat dikatakan kosa kata anak meningkat.

            Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan teka-teki silang bergambar berpengaruh terhadap peningkatan kosa-kata peserta didik tunarungu kelas I di SDLB Kedungkandang  Malang.