SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita kelas III di SDLB Kedungkandang Malang

Zyana Mawaddah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mawaddah, Zyana. 2017. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita kelas III di SDLB Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Abdul Huda, M. Pd.    (2) Sopingi, S. Sos, M. Pd.

 

Kata Kunci: CTL, kemampuan berhitung, tunagrahita

 

Kemampuan berhitung siswa tunagrahita sangat terbatas. Apabila mereka diberikan pelajaran berhitung anak tunagrahita hanya bertaraf beberapa menit, merasa bosan dan lelah. Pada SDLB Kedungkandang kelas III siswa tunagrahita belajar berhitung dengan cara diberi soal dan dikerjakan dengan bantuan guru. Saat belajar di kelas siswa kebanyakan mengeluh bosan dan ingin keluar kelas.

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kemampuan berhitung sebelum diberikan pembelajaran CTL bagi siswa Tunagrahita kelas III, (2) Mendeskripsikan kemampuan berhitung sesudah diberikan pembelajaran CTL bagi siswa Tunagrahita kelas III, (3) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran CTL bagi siswa Tunagrahita kelas III.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dengan pengumpulan data tes tulis pada pre tes dan post tes. Pengumpulan data menggunakan metode pembelajaran CTL untuk mengukur kemampuan berhitung dengan mengisi tes kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji t (Uji Sign Test). Jumlah subyek pada peneitian ini adalah 5 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Pre Eksperimental Design dengan menggunakan “One Group pretest-Posttest Design”.

Temuan dalam penelitian ini yaitu (1) sebelum menggunakan metode CTL dari hasil belajar berhitung dari lima anak tunagrahita dalam kategori sedang, (2) setelah menggunakan metode CTL hasil belajar berhitung anak mengalami kenaikan nilai, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar berhitung penjumlahan dan pengurangan anak tunagrahita setelah menggunakan metode CTL. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita di SLDB Kedungkandang Malang.

Terdapat pengaruh pembelajaran CTL terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita kelas III di SDLB Kedungkandang Malang. Oleh karena itu disarankan untuk guru agar memodifikasi pembelajaran dengan metode CTL agar anak dapat mengkonstruk pengetahuannya dalam situasi yang nyata. Kepada peneliti selanjutnya dalam menggunakan metode CTL menggunakan materi pelajaran yang lain.