SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Interaktif Speech Teraphy Huruf Hijaiyah bagi Peserta Didik Tunarungu Kelas III SDLB Negeri malang

isnaningtiyas nurania hajizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan Agama bagi peserta didik tunarungu sangat diperlukan. Dalam hal ini bagi peserta didik kelas III. PAI  yang diberikan oleh  guru khususnya pada pembelajaran huruf hija’iyah. Peserta didik tunarungu yang mengalami hambatan pada pendengaraanya mempunyai kesulitan untuk berbahasa. Kosakata yang mereka punyai masih terbatas. Apalagi untuk pembelajaran huruf hija’iyah. Mereka membutuhkan layanan yang memfasilitasi anak-anak dalam pembelajaran. Layanan tersebut meliputi pengenalan huruf hija’iayah dari segi tulisannya mapun dari segi pengucapannya. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penulis adalah pengucapan peserta didik untuk mengucapkan huruf hija’iyah. Jenjang Pendidikan yang sedang dijalani oleh peserta didik adalah kelas III SD, Oleh karena itu pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik adalah pembelajaran huruf hija’iyah sederhanya yaitu huruf hija’iyah berharakat fathah dariاَsampai رَ Penelitian penulis menggunakan metode penelitian Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui dalam metode penelitian ini atara lain: 1) research and information collecting; 2) planning; 3) develop preliminary form of product; 4) preliminary field testing; 5) main product revision; 6) main field testing; 7) operational product revision; 8) operational field testing; 9) final product revision. Tahapan validasi pada penelitian ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran ABK. Uji coba produk dilakukan di lapangan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak lima peserta didik tunarungu kelas III SDLB Negeri Malang.Hasil penelitian yang dilakukan dalam pengujian kelayakan media pembelajaran yakni media interaktif speech teraphy huruf hija’iyah diperoleh dari data validasi yang dilakukan oleh beberapa ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran ABK. Ahli media memberikan skor 97% untuk presentase kelayakan media, ahli materi memberikan skor 92%, dan ahli pembelajaran ABK memberikan skor 95% untuk presentase kelayakan media interaktif. Sedangkan efektifitas media interaktif yang telah dibuktikan pada uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor 93 post test dari total nilai 100.Saran yang diberikan kepada peserta guru, peserta didik, dan kepala sekolah demi perbaikan dari penggunaan media Interaktif speech traphy huruf hija’iyah serta demi tercapainya tujuan pendidikan.

 

 

Kata kunci: media interaktif speech teraphy, huruf hija’iyah, tunarungu