SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Wain Word Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas IX di SMPLB-B YPTB Malang

Yurika Nurani Dwiningtyas

Abstrak


ABSTRAK

Dwiningtyas, Yurika Nurani. 2017. Pengaruh Media Wain Word Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas IX di SMPLB-B YPTB Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (II) Dr. Sulthoni, M.Pd

Kata Kunci:   Media wain word, menyusun kalimat, siswa tunarungu.

Tunarungu merupakan anak yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena tidak berfungsinya alat pendengaran, sehingga anak memiliki gangguan dalam berkomunikasi dan berbahasa. Dengan keterbatasan pemerolehan bahasa, anak tunarungu memiliki hambatan yaitu ketidakteraturan dalam menyusun letak kata menjadi susunan kalimat yang benar sesuai dengan struktur SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan). Berdasarkan studi pendahuluan yaitu hampir seluruh siswa tunarungu berkomunikasi menggunakan kalimat yang tidak terstruktur atau dibolak-balik yang membuat orang lain bingung untuk menerjemahkan maksud yang dibicarakan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu sebelum menggunakan media wain word dalam pembelajaran (2) kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu setelah menggunakan media wain word  dalam pembelajaran (3) pengaruh media wain word terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Adapun analisis data dalam penelitian ini antara lain menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis uji t.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test 4,12 dan hasil post-test 7,87. Hasil yang diperoleh adalah nilai  , yaitu 8,33  ≥ 2,998. Berdasarkan kriteria tersebut, maka ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media wain word terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa.

            Kesimpulan penelitian ini adalah media wain word dapat mempengaruhi kemampuan menyusun kalimat bahasa Indonesia siswa tunarungu kelas IX di SMPLB-B YPTB Malang. Saran bagi guru yaitu menggunakan media pembelajaran ini sebagai bahan referensi untuk pembelajaran khususnya pembelajaran menyusun kalimat. Bagi peneliti selanjutnya, bisa menjadikan penelitian ini sebagai bahan kajian untuk dikembangkan lagi.