SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Toilet Training Bagi Siswa Tunagrahita Di SMPLB Negeri Kedungkandang Malang.

Dinda Aryani Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Dinda Aryani. 2017. Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Toilet Training Bagi Siswa Tunagrahita Di SMPLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan LuarBiasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd, (II) Drs.Usep Kustiawan, M.sn.

 

Kata Kunci: BukuPanduan, Toilet Training, Tunagrahita

 

Tunagrahita adalahseseorang yang memiliki daya pemikiran rendah.Toilet training adalah usaha melatih anak agar mampu mengontrol melakukan Buang Air Kecil (BAK) maupun Buang Air Besar (BAB). Pembelajaran toilet training pada tunagrahita perlu diberikan, menginga trendahnya intelektual yang menyebabkan kesulitan belajar secara mandiri. Oleh karena itu,  pemilihan media dan bahan ajar juga perlu diadakan/dikembangkan. Dalam membelajarkan toilet training pada tunagrahita diantaranya dapat menggunakan buku panduan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku paduan pembelajaran toilet training yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa tunagrahita.

Penelitian dan Pengembangan buku panduan ini menggunakan model Borg and Gall (dalam Sukmadinata) yang terdiri dari 7 tahap, meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk awal), (4) Validasi Produk, (5) Revisi Produk, (6) Uji Coba Produk (Iidividu dan Kelompok), (7) Revisi Produk Akhir dan Hasil Akhir Pengembangan. Subyek validasi pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran ABK. Uji coba produk dilakukan secara individu dan kelompok. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik porsentase pada data kuantitatif, dan teknik deskriptif pada data kualitatif.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan ini layak jika digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi. Hasil validasi dari ahli media 91,66%. Ahli materi sebesar 75%, dan ahli pembelajaran ABK adalah 94,23%. Hasil rata-rata dari ketiga validator adalah 86,96% dengan criteria sangat valid dan layak untuk digunakan.

Hasil uji coba individu yang dilakukan pada siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Kedungkandang sebesar 76% dan uji coba kelompok sebesar 76,5%. Dari hasil uji coba individu maupun uji coba kelompok masuk ke daLam kategori tinggi dam efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran toilet training.

Saran peneliti terhadap guru adalah, produk buku paduan ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bina diri khsusunya toilet training. Saran bagi SMPLB Negeri Kedungkandang, buku panduan ini dapat diimplementasikan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran toilet training bagi siswa tunagrahita.