SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Media Cetak (Newsletter) dalam Penyampaian Pesan Pendidikan di TKIT Robbani Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Shanti Dwi Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Shanti Dwi. 2017. Keefektifan Media Cetak (Newsletter) dalam Penyampaian Pesan Pendidikan di TK Islam Terpadu Robbani Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hardika, M. Pd., (II) Dr. Zulkarnaian Nasution, M. Pd.

 

Kata Kunci: Media Newsletter, Pesan Pendidikan

Keefektifan merupakan unsur pokok untuk mencapai tujuan keberhasilan suatu pembelajaran bagi sasaran. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari media yang digunakan untuk perantara belajar individu. Suatu media dapat dikatakan efektif, apabila dapat digunakan secara fleksibel dan multi fungsi, sehingga dapat membuat rasa nyaman pada penggunanya. Media cetak dengan jenis newsletter merupakan suatu media yang efektif digunakan bagi seluruh kalangan.

Media Newsletter sangat tepat digunakan di lingkungan sekolah sebagai sarana untuk menyampaiakan informasi atau pesan-pesan yang bersifat mendidik kepada orang tua, baik mengenai informasi umum maupun informasi yang bersangkutan langsung dengan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media newsletter dalam menyampaikan pesan terhadap orang tua.

Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 62 orang dengan menggunakan tekniksimple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) keberfungsian media cetak (newsletter) dikatakan sangat tinggi, karena 84% responden menyatakan bahwa media tersebutdapat berfungsi dalam memberikan informasi dan pengetahuan yang sangat berguna bagi orang tua; (2) Kemenarikan media cetak (newsletter) dikatakan sangat tinggi, karena 91% responden menyatakan bahwa konsistensi penulisan, format, daya tarik, ukuran huruf pada media tersebut sangat baik; (3) Keterserapan pesan pendidikan dari media cetak (newsletter) dikatakan sangat tinggi, karena 91% pesan-pesan yang terkandung dalam media tersebutmudah diterima, mudah dipahami, dan mudah diimplementasikan oleh orang tua pada sehari-hari.

 

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah media cetak (newsletter)sangat efektif untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan pada orang tua. Saran bagi lembaga adalah agar lebih banyak memproduksi dan memanfaatkan media (newsletter) sebagai media menyampaiakan pesan pendidikan pada orang tua.