SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DASAR-DASAR FOTOGRAFI DALAM PROGRAM VOKASIONAL BAGI SISWA TUNARUNGU TINGKAT SMALB

Adiarti Vandalisa Rahmy

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmy, Adiarti Vandalisa. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dasar-Dasar Fotografi Dalam Program Vokasional Bagi Siswa Tunarungu Tingkat SMALB. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing :(I)  Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd., M.Kes. (II) Dr. Sihkabuden, M.Pd.

 

Kata kunci : Multimedia Interaktif, Dasar-dasar Fotografi, Tunarungu

 

Tunarungu adalah keadaan dimana seseorang atau individu mengalami gangguan atau hambatan dengan indera pendengaran yang disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga mengalami kesulitan menerima informasi materi yang di berikan oleh guru. Oleh karena itu siswa tunarungu memerlukan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Hak atas pendidikan bagi setiap individu, siswa tunarungu berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dalam mempersiapkan siswa menjalani hidup di masyarakat. Siswa tunarungu mendapat pendidikan disekolah baik dalam bidang akademik maupun kegiatan yang menunjang pengembangan bakat dan minatnya seperti pendidikan vokasional dan masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran menjadi latar belakang dalam penelitian dan pengembangan ini.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk yang diuji kelayakannya, dan  menghasilkan produk yang efektif dalam membantu pencapaian tujuan pembelajaran berupa multimedia interaktif dasar-dasar fotografi dalam program vokasional bagi siswa tunarungu tingkat SMALB.

Pengembangan multimedia interaktif ini mengadaptasi langkah-langkah model Lee & Owens terdiri dari 4 tahap. Subyek uji coba produk adalah ahli materi, ahli media dan uji coba kelompok yang terdiri dari 4 siswa tunarungu kelas X, XI, XII SLBN 1 Bantul.

Hasil pengembangan menunjukkan tingkat kevalidan multimedia interaktif. Hasil penilaian ahli materi memperoleh presentase 82,5% (sangat layak), ahli media memperoleh presentase 95% (sangat layak), hasil uji coba kelompok mendapat presentase 100% dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran..

Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilkan termasuk dalam kriteria sangat layak dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa Tunarungu kelas X, XI, XII SLBN 1 Bantul. Saran yang diajukan adalah peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran dengan subyek yang bervariasi.