SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Grafik Timbul untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Grafik bagi Siswa Tunanetra kelas X di SMALB YP2 Kedungkandang Malang

Musthafa Parsa Mardan

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardan, Musthafa Parsa. 2017. Pengembangan Media Grafik Timbul untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Grafik bagi Siswa Tunanetra kelas X di SMALB YP2 Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si, (II) Eka Pramono Adi, S.IP, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Grafik Timbul, Kemampuan Membaca Grafik, Tunanetra

 

Berdasarakan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMALB YP2 Kedungkandang diketahui bahwa kemampuan membaca grafik siswa tunanetra masih kurang. Terdapat kesulitan dari siswa tunanetra untuk memahami konsep grafik dan bentuk grafik secara nyata, dan belum ada media pembelajaran untuk menunjang kebutuhan siswa tunanetra dalam memahami konsep grafik. Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan media grafik timbul yang valid untuk meningkatkan kemampuan membaca grafik dan melatih kemampuan motorik halus siswa tunanetra.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian & pengembangan ini mengadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall dalam Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahap namun dalam penelitian ini hanya digunakan tujuh tahap. Adapun tahap-tahapnya ialah: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) melakukan perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) pengujian lapangan awal; (5) melakukan revisi utama terhadap produk; (6) melakukan uji coba lapangan utama; (7) revisi produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media, ahli materi 1, ahli materi 2, angket respon siswa dan tes (pre-test dan post-test).

 Hasil validasi dari ahli media menunjukkan presentase sebesar 97,5%, ahli materi 1 menunjukkan presentase sebesar 85%, dan ahli materi 2 menunjukkan presentase sebesar 92,5%, sehingga dari hasil tersebut media grafik timbul dinyatakan valid dan dapat diuji cobakan. Hasil uji coba individu menunjukkan presentase sebesar 95%, dan hasil uji coba kelas menunjukkan presentase sebesar 91,25%, sehingga media grafik timbul dapat dikategorikan sangat baik. Diperoleh data hasil pre-test yaitu nilai rata-rata sebelum menggunakan media grafik timbul sebesar 35, dan data hasil post-test yaitu nilai setelah menggunakan media grafik timbul sebesar 85. Disimpulkan bahwa terdapat selisih nilai yang signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test sehingga dapat dikatakan media grafik timbul efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi membaca grafik.

Kesimpulan dari analisis data tersebut yaitu media grafik timbul yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah siswa tunanetra dalam memahami konsep dan bentuk bagan grafik secara nyata. Saran bagi guru, Pemanfaatan media grafik timbul mudah diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca grafik bagi siswa tunanetra, sehingga bagi pendidik tidak kesulitan dalam menerapkan media grafik timbul kepada siswa tunanetra.

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Mardan, Musthafa Parsa. 2017. The Development of Embosseed Graphics Media to Improve the Ability of Reading Graphics for Students with Totally Blind Class X in the SMALB YP2 Kedungkandang Malang. Undergrate Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Supervisors: (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si, (II) Eka Pramono Adi, S.IP, M.Si.

 

Kata Kunci: Embossed Graphics Media, Ability of Reading Graphics, Totally Blind

 

Based on premilinary study results conducted at SMALB YP2 Kedungkandang that the ability of read graph  of student with totally blind still not enough. There are dificulties from student with totally blind to understand the concept of graphs and graphic form in real terms, and there is no learning media to support needs of student with totally blind in understanding the concept of graph. The purpose this research to produce embossed graphics media which valid for improving the ability of reading graphics and trained fine motor skills of student with totally blind.

Reseach method used in this research & development adobted from research & development of Borg and Gall in Sugiyono. This method has ten stages but this research only use seven stages. The stages are: (1) Research and Information Collecting; (2) Planning; (3) Develop Preliminary Form a Product; (4) Preliminary Field Testing; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) Final Product Revision. Data collection instrument used are media expert’s validation sheet, material expert 1, material expert 2, student response questionnaire and test (pre-test and post-test).

The validation results from the media expert showed the percentage 97,5%, material expert 1 showed the percentage 85% and material expert 2 showed percfentage 92,5%, So from those result the embossed graphics media declared valid and can be tested. Individual test result showed the percentage 95%, and class test result showed the percentage 91,25%, So embossed grapics media can be categorized very well. Pre-test result the average before using embossed graphics media is 35, post-test result the average after using embossed graphics media is 85. It was conclude that there was a significant difference in value of pre-test and post-test. So it can be said that the embossed grapics media effectively use as media of learning in graphic reading material.

The conclution of data analysis is embossed graphics media declared valid and effectively used as media of learning to facilited student with totally blind in understanding the concept and shape of graphic in real. Advice for teacher, used of embossed graphisc media easy to apply in learning Indonesian Language especially reading graphic for student with totally blind so the teacher don’t have difficultes in applying graphy arise media to student with totally blind.