SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Media Memasu dalam Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Bunyi Bagi Siswa Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang

Sartika Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, Sartika. 2017. Pengaruh Penerapan Media Memasu dalam Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Bunyi Bagi Siswa Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendi-dikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M. Si (II) Dr. Asim, M. Pd

Kata Kunci: autis, Media Memasu, kemampuan identifikasi bunyi

Siswa autis adalah anak yang memiliki dunianya sendiri. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa autis lemah dalam merespon keadaan lingkungan sekitar. Begitu juga dalam kegiatan pembelajaran mengenal konsep bunyi, siswa autis kurang merespon materi yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hambatan tersebut penggunaan media sangat diperlukan yaitu media berbasis audio dan visual salah satunya adalah powerpoint dengan nama Media Memasu (mengenal nama dan suara).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan identifikasi bunyi siswa autis sebelum diberikan pembelajaran menggunakan Media Memasu, (2) kemampuan identifikasi bunyi siswa autis setelah diberikan pembelajaran menggunakan Media Memasu, (3) peningkatan Media Memasu terhadap kemampuan identifikasi bunyi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode pre exsperiment dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada nilai rata-rata pretest sebesar 49,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 91,2. Hasil output diperoleh dengan syarat jika diterima memiliki T hitung ≥ T table  dan  ditolak jika memiliki T hitung