SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita di SLB Dr. Idayu 1 Malang

Atifah . Fauzia

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzia, Atifah. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita di  SLB Dr. Idayu 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd     (II)  Drs. Usep Kustiawan, M.Pd

Kata Kunci: Multimedia interaktif, membaca permulaan, tunagrahita.

Pembelajaran membaca permulaan bagi siswa tunagahita sangat penting sebab dapat mempengaruhi tahap perkembangan lainnya. Dengan memiliki kemampuan membaca akan memudahkan siswa dalam mengolah informasi. Subjek yang diteliti mengalami kesulitan tahap membaca permulaan, misalnya kata dadu, kemudia dieja d-a-d-u, namun ketika dilafalkan menjadi kata baru. Penggunaan alat peraga pembelajaran sangat diperlukan bagi siswa tunagrahita. Siswa telah menggunakan media-media visual seperti buku membaca, kartu huruf dan kartu sukukata, namun siswa cenderung bosan dan lebih aktif dengan media yang berbasis teknologi. Alat peraga atau media harus disesuaikan dengan karakteristik siswa agar siswa tunagrahita yang sulit berpikir abstrak dan daya ingat yang lemah dapat lebih meudah memproses pengetahuan dan keterampilan. Media juga harus memiliki daya tarik sehingga siswa termotivasi dalam menggunakannya.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yaitu multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang dikemas dalam CD ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita SLB Dr.Idayu 1 Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg & Gal, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penelitian.Tahap-tahap yang dilalui adalah: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4)validasi produk awal; 5) revisi produk awal, 6) uji coba lapangan terbatas dan 7) revisi produk akhir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak dan efektif diterapkan bagi siswa tunagrahita di SLB Dr.Idayu 1 Malang dengan memperoleh skor validasi ahli media 97% (sangat layak), validasi ahli materi 76% (layak) dan validasi ahli pembelajaran ABK 88% (sangat layak). Multimedia interaktif  yang dikembangkan terbukti efektif yang telah diuji dengan Uji T memperoleh kesimpulan t hitung 5 lebih besar dari t tabel 2,353, artinya media yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita.

Saran penelitian ini adalah: (1) mengvalidasi media pada beberapa ahli minimal 3 validator disetiap aspek penilaian agar semakin kuat hasil validasi media dan (2) uji coba lapangan lebih luas.