SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VIDEO SENAM CERIA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK KASAR SISWA DOWN SYNDROME DI SLB EKA MANDIRI KOTA BATU

Tulus Sukma Al Wafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Wafi, Tulus Sukma Al. 2017. Pengembangan Video Senam Ceria untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Siswa Down Syndrome di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd. (2) Dr. Sihkabuden, M.Pd.

 

Kata kunci : Video Senam Ceria, Ketrampilan Motorik Kasar, Down Syndrome

 

Down syndrome merupakan keadaan seseorang dengan kelainan mental, fisik, intelegensi dan kurangnya kemampuan untuk kontrol motorik. Siswa down syndrome cenderung pasif dalam melakukan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengurangi hal tersebut, perlu dilakukan aktivitas yang dapat meningkatkan ketrampilan motorik kasar seperti senam. Senam merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan ketrampilan motorik dibidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Siswa down syndrome memerlukan senam yang menarik sehingga perlu dibuat senam yang kreatif seperti senam ceria.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan video senam yang dapat meningkatkan ketrampilan motorik kasar siswa down syndrome di SLB Eka Mandiri Kota Batu yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa down syndrome.  Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Arief S. Sadiman (2010). Subjek validasi produk terdiri dari validator ahli media, validator ahli pembelajaran ABK dan validator ahli materi. Subjek uji coba dilakukan kepada 4 siswa down syndrome di SLB Eka Mandiri Batu.

Hasil pengembangan menunjukkan kelayakan dan keefektifan video senam ceria. Hasil validasi dari 3 ahli, yaitu ahli media, ahli pembelajaran ABK dan ahli materi menunjukkan bahwa video senam ceria sangat layak digunakan dalam pembelajaran ketrampilan motorik kasar siswa down syndrome. Hasil yang diperoleh dari ahli media menunjukkan presentase 94%, ahli pembelajaran ABK memperoleh 92% dan ahli materi memperoleh 87%. Hasil uji coba menunjukkan bahwa video senam ceria efektif untuk digunakan dalam pembelajaran ketrampilan motorik kasar siswa down syndrome. Uji coba pada siswa diperoleh dengan rata-rata ketuntasan 100%. Artinya adalah media pembelajaran berupa video senam ceria sangat layak dan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan ketrampilan motorik kasar siswa down syndrome di SLB Eka Mandiri Batu.

Saran yang diajukan kepada (1) peneliti selanjutnya dapat mmengembangkan senam ceria dengan desain koreo dan irama yang lebih menarik, (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan senam ceria dengan subjek anak berkebutuhan khusus (ABK) yang lain, dan (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan keragaman populasi dan wilayah penelitian.