SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI BAJU BERKANCING SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SDLB EKA MANDIRI KOTA BATU

Samik Nuroh Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Samik Nuroh. 2017. Pengembangan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II di SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi.Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd. (2) Dra. Sudarsini, M.Pd.

 

Kata kunci : Media Quiet Book, Memakai Baju Berkancing, Tunagrahita

 

Anak tunagrahita adalah keadaan dimana seseorang atau  individu mengalami gangguan atau hambatan dengan  perkembangan kecerdasannya sehingga mengalami kesulitan menerima infomasi materi yang diberikan oleh guru. Anak tunagrahita akan mengalami kesulitan apabila dihadapkan dengan obyek yang kurang jelas. Oleh karena itu siswa tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Dalam memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan yang ada pada masing-masing anak.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media quiet book yang layak dan efektif dalam pembelajaran bina diri keterampilan memakai baju berkancing siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Eka Mandiri Kota Batu.

Metode penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah model Borg & Gall terdiri dari 7 tahap. Subyek uji coba produk adalah ahli media, ahli materi dan uji coba individu dan kelompok yang terdiri dari 1 siswa tunagrahita ringandan 2 siswa tunagrahita ringan kelas II SDLB Eka Mandiri Kota Batu.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan media quiet book dari ahli media memperoleh presentase 97,2% (sangat layak), ahli materi memperoleh presentase 78,8% (layak). Hasil uji coba kelompok dengan nilai rata – rata pretest 84,1, dan nilai posttest sebesar 90,3. Hasil uji coba individu dengan nilai pretest 61,1 dan nilai posttest sebesar 70,8. Berdasarkan data hasil uji coba yang dilakukan secara individu dan kelompok, terdapat kenaikan nilai yang didapatkan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media quiet book pada materi memakai baju berkancing. Keseluruhan siswa mendapatkan nilai diatas nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) dan memenuhi tingkat persentase subjek uji coba, maka media quiet book sangat efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran secara individual maupun kelompok.

Kesimpulan penelitian ini produk yang dihasilkan termasuk dalam kriteria yang layak dan efektif serta dapat meningkatkan keterampilan memakai baju berkancing siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Saran untuk peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran dengan materi bina diri yang lain dan variatif.