SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH APLIKASI EDUKATIF GERAKAN SHOLAT TERHADAP DAYA INGAT ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG

Fina Rahmayati Ishlahiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Anak tunagrahita ialah anak yang memiliki hambatan kecerdasan antara 68-52 yang dapat mengakibatkan anak sulit dalam mengingat suatu materi pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru, baik mengingat dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Kemampuan daya ingat gerakan sholat merupakan kemampuan peserta didik dalam mengingat urutan gerakan sholat mulai dari takbir sampai dengan salam, dan dalam mengingat bacaan wajib sholat. Keterbatasan media menjadikan anak tunagrahita semakin kesulitan untuk mengingat urutan gerakan sholat dan bacaan wajib sholat, melihat kondisi demikian peneliti menawarkan solusi berupa penggunaan media aplikasi edukatif. Media aplikasi edukatif merupakan media pembelajaran yang menyerupai HP (handphone) yang berisi fitur materi gerakan sholat melalui gambar yang berurutan mengikuti prosesnya mulai dari gerakan sholat “takbiratul ikhram” hingga “salam”. Cara menggunakannya dengan di tekan salah satu gambarnya dan akan mengeluarkan suara. Penggunaan media aplikasi edukatif dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi edukatif terhadap kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan di SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini terdiri dari 5 orang peserta didik tunagrahita kelas IV SDLBN Kedungkandang Malang sebagai subyek penelitian.

Pengumpulan data pada penelitian ini berupa 2 tes kinerja (mempratikkan gerakan sholat, menghafal bacaan sholat) dan 10 soal tes tulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis menggunakan uji Wilcoxon adalah data hasil pretest dan posttest.

Hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh niali  = 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05 dan n = 5 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon diperoleh = 1. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa  diterima dan  ditolak,  sebab  ≤ . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media aplikasi edukatif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang.