SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Corong Hitung Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan SLB PGRI Dlanggu Mojokerto

Dhiranti Byar Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Dhiranti Byar. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Corong Hitung Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Usep Kustiawan, M. Sn.

 

Kata Kunci : Corong Hitung, Kemampuan Berhitung, Tunagrahita

 

Anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki tingkat intelegensi di bawah rata-rata atau di bawah anak normal. Tingkat intelegensi yang rendah ini, mengakibatkan masalah yang sangat kompleks dalam kehidupan sehari-hari salah satunya bidang matematika. Anak tunagrahita ringan memerlukan media pembelajaran. Media corong hitung merupakan media pembelajaran visual yang akan membuat siswa tunagrahita tertarik dalam pembelajaran matematika.

Tujuan dilaksanakan peneltian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa tunagrahita sebelum diberikan media corong hitung, 2) Mendeskripsikan kemampuan berhitung  siswa tunagrahita sringan sesudah diberikan media corong hitung, 3) Mendeskripsikan pengaruh media corong hitung terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One group pre test post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III tunagrahita ringan di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Sedang sampel berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan menggunakan tes tertulis dengan bentuk 12  soal subjektif dan 3 soal objektif untuk penjumlahan dan jumlah yang sama untuk pengurangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan merancang instrumen, memberikan pretest lalu melakukan treatment dengan menggunakan media corong hitung, dan tahap akhir memberikan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik Sign Test Wilcoxon dikarenakan jumlah subjek penelitian taraf signifikansi 5 % maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh media corong hitung terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto.

Kesimpulan penelitian adalah terdapat Pengaruh Media Corong Hitung Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Saran untuk guru, diharapkan menggunakan media corong hitung agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Lestari, Dhiranti Byar. 2017. The Effects of Funnel Count Media toward the ability of Count for Students with Mild Intellectual  Disabilities in the SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Undergrate Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn

 

Keywords : Funnel Count Media, Ability of  Count, Low of Intellectual Disabilities

 

A child with Mild of Intellectual Disabilities has got intelligence disorder because IQ below the average normal children. This Low of Intellectual Disorder resulting complex problem in the daily life, one of Math. A child with Low of Intellectual Diasabilities need a special learning that is useful in clarifying the learning of Mathematics.One of provides learning using Funnel Count Media. Funnel Count Media is a visual learning media that will make students interested in learning mathematics. Because of students interest is expected to increase numeracy skills.

The purpose of this research were to describe: (1) The ability of count of student with Mild Intellectual  Disabilities before being given funnel count media (2) The ability of count of student of Mild Intellectual  Disabilities after being given funnel count media (3)The ability of the effects of funnel count media toward the ability of count for students with Mild Intellectual Disabilities in the SLB PGRI Dlanggu Mojokerto.

This research uses One Group Pretest Posttest Design. The population were all of students with Mild of Intellectual Disabilities in the Class III of SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Then, Sample were 5 students. The instrument was test with the form of 12 subjective subjects and 3 objective questions for the sum and the same amount for the substraction. Collecting data was began by designing the instrumen, giving srtudents a pretest to provide treatment that was in ability of count by using funnel count media and the final stage was posttest. Data analysis technique used statistical non parametrik SignTest Wilcoxon due to the number of research subjects sig 5 % then Ho rejected and Ha accepted. Meaning that there are significant of Funnel Count Media towards the Ability of Count for students with Mild Intellectual  Disabilities in the SLB PGRI Dlanggu Mojokerto.

The conclusion of this research indicate that there are the effects of funnel counts media towards the ability of count for students with Mild Intellectual  disabilities in the SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Suggestion for the teacher is expected to apply funnel count media well in the learning process so that the goal is maximized.