SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Perilaku Berdoa Anak Autis Kelas II SD Khoiru Ummah Malang

Dea Fauziah Astrid

Abstrak


ABSTRAK

 

Astrid, Dea Fauziah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Perilaku Anak Autis Kelas II SD Khoiru Ummah Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd (II) Pramono, S.Pd. M.Or

 

Kata Kunci : model pembelajan picture and picture, perilaku berdoa, autis

Perilaku berdoa merupakan kegiatan memanggil, memohon, meminta kepada Allah SWT yang dapat dilakukan secara bersama maupun sendiri. Anak autis memiliki hambatan dalam intruksi dan meniru dapat mempengaruhi perilaku anak autis dapat memimpin maupun dipimpin berdoa. Dalam menangani perilaku berdoa anak autis menggunakan model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model pembelajaran yang menggunakan beberapa gambar sehingga nantinya anak dapat mengurutkan menjadi gambar yang logis. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap perilaku berdoa anak autis kelas II SD Khoiru Ummah Malang.

            Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penggunaan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan, susunan gambar perilaku berdoa, dokumentasi, dan rukbrik penilaian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap perilaku berdoa anak autis kelas II di SD Khoiru Ummah Malang dengan ditunjukkan adanya data overlap sebesar 0%. Mean level yang diperoleh pada masing-masing kondisi mengalami peningkatan. Pada kondisi baseline-1 (A1) sebesar 72%, pada kondisi intervensi (B) sebesar 93%, dan pada kondisi baseline-2 (A2) sebesar 94,6%. Hasil mean level yang diperoleh mempengaruhi kecenderungan arah dan jejak data yang meningkat dan memiliki pengaruh positif (+).

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka kesimpulannya yaitu model pembelajaran picture and picture memiliki pengaruh terhadap perilaku berdoa anak autis kelas II SD Khoiru Ummah Malang. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) bagi guru yaitu diharapkan menggunakan model pembelajaran picture and picture untuk perilaku berdoa, karena dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat mempengaruhi perilaku berdoa, 2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar lebih mengembangkan penelitian menggunakan model pembelajaran picture and picture kepada karakteristik anak yang berbeda maupun materi pembelajaran yang berbeda, sehingga dapat memberikan variasi dalam penelitian dan dapat memberikan pengetahuan yang semakin luas.