SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Permainan kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan 1-10 Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLB BC Kepanjen

Anton Cahyo Yuwhono

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuwhono, Anton Cahyo. Pengaruh Permainan Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan 1-10 Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLB BC Kepanjen.Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, Mpd., (II) Dr. Sihkabuden, M.Pd.

 

Kata Kunci : permainan kartu kuaret, berhitung penjumlahan 1-10, tunagrahita.

 

Permainan kartu kuartet adalah sebuah permainan anak-anak yang menggunakan kartu bergambar, cara bermainnya antara 2 orang atau lebih.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kuartet terhadap kemampuan berhitung penjumlahan 1-10 siswa tunagrahita kelas III di SDLB BC Kepanjen.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasitime-series. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pre test dan post test yang dilakukan pada siswa tunagrahita di kelas III SDLB BC Kepanjen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dan media permainan kartu kuartet. Kegiatanan alisis data dimulai dari pemberian pretest kemudian dilakukan treatment dan kemudian dilakukan post test.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil dari penelitian yaitu hasil dari perhitungan menggunakan uji T, diperoleh nilai to lebih besar dari pada tt,, sehingga hipotesis nihil yang diajukan ditolak. Hipotesis dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara permainan kartu kuartet terhadap kemampuan berhitung penjumlahan 1-10 siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB BC Kepanjen.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh permainan kartu kuartet terhadap kemampuan berhitung penjumlahan 1-10 siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB BC Kepanjen.Untuk memperkuat validitas bahan permainan kartu kuartet, diperlukan uji validitas empirik.