SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Treatment 10 Jari Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik 10 Jari Bagi Mahasiswa Tunanetra di Universitas Negeri Malang

Ardian Febri Anggana

Abstrak


ABSTRAK

Anggana, Ardian Febri. 2017. Penggunaan Treatment 10 Jari Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik 10 Jari Mahasiswa Tunanetra di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes, (II) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Treatment 10 Jari, Keterampilan Mengetik 10 Jari, Tunanetra

 

Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan mengetik 10 jari mahasiswa tunanetra masih kurang memadai. Terdapat beberapa permasalahan pada keterampilan mengetik tunanetra, diantaranya mahasiswa masih menggunakan 2-4 jari ketika mengetik, posisi atau sikap badan yang salah ketika mengetik, sering salah ketik atau salah menekan tombol.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis keterampilan mengetik 10 jari mahasiswa tunanetra di Universitas Negeri Malang sebelum diberikan treatment, (2) untuk menganalisis keterampilan mengetik 10 jari mahasiswa tunanetra di Universitas Negeri Malang sesudah diberikan treatment, (3) Untuk menganalisis perbedaan sebelum dan sesudah diberikan treatment 10 jari terhadap keterampilan mengetik 10 jari mahasiswa tunanetra di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk time series design. Subjek penelitian menggunakan mahasiswa tunanetra semester 2, 4, dan 6. Jenis instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-T dengan bantuan program SPSS for Windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) adalah 0,000. Hal ini berarti nilainya lebih kecil dari 0,05 maka hal ini menunjukkan Ha diterima.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan treatment 10 jari terhadap keterampilan mengetik 10 jari mahasiswa tunanetra di Universitas Negeri Malang. Saran dari penelitian ini adalah penggunaan treatment 10 jari dalam pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi hasil dari tujuan yang ingin dicapai. Sebelum memilih treatment dalam pembelajaran, peneliti harus memperhatikan kemampuan dan hambatan mahasiswa.