SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN MEDIA RITATOON DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA BENDA DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS II SDLB NEGERI KEDUNGKANDANG MALANG

karunia yulinda khairiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khairiyah, Karunia Yulinda. 2017. Pemanfaatan Media Ritatoon Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Benda Dasar Pada Anak Tunagrahita Kelas II SDLB Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Moh. Efendi, M. Pd. M.Kes., (II) Dr. Asim, M. Pd.

Kata kunci: Media Ritatoon, Kemampuan mengenal kata benda dasar, Tunagrahita

Pembelajaran Bahasa Indonesia tentang mengenal kata benda dasar akan sulit diterima jika pembelajaran dilaksanakan secara konvensional. Penjelasan yang bersifat abstrak membuat pembelajaran tidak terserap dengan maksimal, begitu juga dengan anak tunagrahita lebih kesulitan dalam memahaminya karena anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam berpikir abstrak, sehingga mereka membutuhkan media dalam pembelajaran.Salah satunya adalah media ritatoon. Media riatatoon merupakan media yang memudahkan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang mengenal kata benda dasar

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal kata benda dasar pada anak tunagrahita sebelum menggunakan media ritatoon, mendeskripsikan kemampuan mengenal kata benda dasar pada anak tunagrahita sesudah menggunakan media ritatoon, mendeskripsikan pengaruh media ritatoon terhadap kemampuan mengenal kata benda dasar pada anak tunagrahita kelas II SDLB Kedungkandang.

Rancangan yang  digunakan dalam penelitian adalah Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pre-test Post-test Design. Instrumen penelitian berupa tes tulis dan tes kinerja untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 23.0 for Windows dan uji Anova

Hasil rata-rata post test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre test, dan hasil analisis hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 23for windows dapat diperoleh informasi bahwa tes tulis nilai sig. 0,000. Karena nilai excact sig. < taraf nyata (α = 0,05), maka Ho ditolak, dan rata-rata nilai pre tesdan post tes berbeda. Sedangkan tes kinerja nilai sig. 0,001. Karena nilai excact sig. < taraf nyata (α =0,05), maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan pemanfaatan media ritatoon dalam pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata benda dasar pada anak tuangrahita sedang kelas II SDLB Kedungkandang