SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Maze Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Tunagrahita Kelas III SDLB Kepanjen Malang

Alfian Dianmarta

Abstrak


ABSTRAK

 

Dianmarta, Alfian. 2017. Pengaruh Media Maze Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Tunagrahita Kelas III SDLB Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Dr. Sulthoni, M.Pd.

Kata Kunci: maze angka, mengenal bilangan, tunagrahita

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDLB Kepanjen Malang, diketahui bahwa kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas III masih kurang. Pada kegiatan pembelajaran matematika diketahui ada beberapa permasalahan, diataranya adalah siswa cenderung pasif, hanya memperahatikan penjelasan guru, siswa hanya mencatat materi yang disampaikan guru. Selain itu guru juga kurang menggunakan media yang bervariasi sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Guru hanya menjelaskan materi secara lisan dan tertulis di papan tulis.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas III SDLB Kepanjen Malang sebelum diberikan perlakuan, (2) untuk mengetahuikemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas III SDLB Kepanjen Malang sesudah penggunaan media maze angka, (3) untuk mengetahui pengaruh media maze angka terhadap kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas III SDLB Kepanjen Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas III yang berjumlah 5 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes tulis. Sebelum penggunaan media maze angka diketahui nilai rata-rata pretest siswa 54. Sesudah penggunaan media maze angka diketahui nilai rata-rata posttest siswa mengalami peningkatan menjadi 81. Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh media maze angka terhadap kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas III SDLB Kepanjen Malang. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada: (1) Kepala sekolah, diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk pengembangan pembelajaran di sekolah, (2) Guru,  diharapkan dapat menerapkan media maze angka dalam pembelajaran matematika materi mengenal bilangan, (3) Peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan media maze angka pada subjek penelitian dengan hambatan dan karakteristik yang berbeda.