SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang

Dika Dwi Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Dwi Dika. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM).Skripsi, S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si. (II) Sopingi, S.Sos. M.Pd

 

Kata Kunci: Pola Asuh,dan Kemandirian Anak Autis

 

Dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya diperlukan peran guru sebagai pendidik di sekolah untuk mengembangkan potensi anak, namun juga diperlukannya kepedulian orangtua terhadap tumbuh dan perkembangan anak. Hasil observasi awal ditemukan bahwa ada hubungan antara pola asuh orangtua dan kemandirian anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh orang tua (Y) dan kemandirian anak autis (X) di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan observasi. Data dianalisis dengan analisis korelasional Rank Spearman.

Hasil penelitian: terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua (X) dan kemandirian anak autis (Y) dimana nilai korelasi spearman rho sebesar 0.873 dengan taraf signifikansi 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan linier positif dan searah antara pola asuh orang tua (X) dan kemandirian anak autis (Y) dan memiliki hubungan yang kuat.