SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI VISUAL SISWA TUNARUNGU KELAS II DI SLB NEGERI SEDURI, MOJOKERTO

Regine Desca Audria

Abstrak


ABSTRAK

Audria, Regine Desca. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Visual Siswa Tunarungu Kelas II Di SLB Negeri Seduri, Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes, (2) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd.

Kata kunci: tunarungu, kemampuan memori visual, model pembelajaran make a match berbantuan puzzle

Di sekolah luar biasa khususnya pada kelas siswa tunarungu, dalam kegiatan pembelajaran mengalami kesulitan apabila belajar mengenai nama bilangan karena kegiatan belajar mengajar hanya berupa model pembelajaran langsung dan hanya satu arah sehingga kemampuan memori visualnya rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, pada penelitian ini kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match didukung menggunakan media puzzle.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan puzzle pada peningkatkan Kemampuan Memori Visual Nama Bilangan Siswa Tunarungu Kelas 2 Di SLB Negeri Seduri, Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada nilai rata-rata pretest sebesar 68,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 92. Hasil output diperoleh dengan syarat jika  diterima memiliki Thitung ≥Ttabel dan  ditolak jika memiliki Thitung