SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA DAKON PORTABLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG SISWA TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB JATIWIRATAMA SELOPURO BLITAR

SILVI AMALIA ILAHI

Abstrak


ABSTRAK

Ilahi, Silvi Amalia. 2017. Pengembangan Media Dakon Portable Dalam Meningkatkan Kemampuan Membilang Pada Siswa Tunagrahita Kelas III di SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti. M. Pd. (2)  Eka Pramono Adi, S.IP, M,Si.

Kata Kunci: Tunagrahita sedang, Kemampuan Membilang, Dakon Portable

Tunagrahita sedang adalah seseorang yang mengalami hambatan intelektual di bawah rata-rata dengan IQ antara 25-50. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar, ditemukan adanya permasalahan dalam materi membilang pada siswa tunagrahita sedang kelas III yang masih rendah, masih ada beberapa angka yang hilang dan dilupakan. Jika anak diberikan pertanyaan acak, kebanyakan dari siswa tunagrahita kelas III tersebut kesulitan dan salah menjawab. Media pembelajaran di sekolah tersebut masih terbilang sangat minim dan monoton sehingga mengakibatkan siswa di SLB Jatiwiratama kurang termotivasi dan memiliki semangat untuk belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Dakon Portable yang dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan melakukan penyesuaian terhadap aturan main serta memodifikasi papan dakon seperti bentuk rounded rectangle (persegi panjang bulat) dan jumlah lubang disesuaikan dengan kemampuan anak. Dalam penggunaan media ini, anak memasukkan biji pada tiap lubang sambil mengucapkan angka setiap biji diletakkan Dakon portable mengadaptasi 10 langkah dari metode pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 1 ahli pembelajaran ABK, 1 ahli media, 1 ahli materi dan 4 siswa di SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar.

Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut: (1) validasi ahli pembelajaran ABK 100% (sangat layak), (2) validasi ahli media 95% (sangat layak), (3) validasi ahli materi 95,4% (sangat layak), (4) hasil rata-rat pretest 63,3% meningkat pada posttest 87,7. Hasil pengembangan keseluruhan dapat dikatakan bahwa produk media dakon portable layak menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membilang.

Kelebihan dari media dakon portable yaitu (1) permainan yang mudah digunakan untuk bermain, (2) Bentuk yang berbeda untuk menarik perhatian siswa, (3) adanya kakian dakon yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna, (4) adanya laci, (5) adanya kartu-kartu untuk meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Kekurangan pada media dakon portable ini: dalam satu sesi hanya dapat dimainkan oleh dua orang.

Disarankan dalam pengembangan selanjutnya untuk mengkaji pemilihan materi dan media yang akan di gunakan disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi subjek sehingga dapat mecapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.