SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MEDIA COUNTING BOARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB IDAYU 2 KABUPATEN MALANG

Putri Almira Khoiriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoiriyah, Putri Almira. 2017. Pengaruh Media Counting Board Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Ringan di SDLB IDAYU 2 Kabupaten Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd (II) Pramono, S.Pd, M.Or

 

Kata Kunci :Media Counting Board, Kemampuan Berhitung Penjumlahan, Tunagrahita.

 

Anak tunagrahita ialah anak berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual atau fungsi kognitif. Hambatan tersebut menjadikannya kesulitan dalam berpikir abstrak. Operasi hitung penjumlahan bersifat abstrak karena berhubungan dengan symbol dan angka–angka. Materi penjumlahan tersebut diajarkan pada anak tunagrahita kelas II di sekolah dasarluarbiasa. Anak tunagrahita di SDLB IDAYU 2 Kabupaten Malang kesulitan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan. Keterbatasan media menjadikan anak tunagrahita kesulitan untuk mempelajari operasi hitung penjumlahan. Melihat kondisi demikian peneliti menawar kansolusi berupa penggunaan media counting board. Media counting board merupakan media pembelajaran yang interaktif karena melibatkan siswa secara langsung dan memiliki tampilan visual yang menarik.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media counting board terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita kelas II di SDLB IDAYU 2 kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimenkuasi dengan desain penelitian one group pretest and posttest. Penelitian ini melibatkan 5 orang siswa tunagrahita kelas II SD sebagai subjek penelitian.

Pengumpulan data pada penelitian berupa 20 soal tes tulis dan 10 soal tes lisan. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis merupakan data hasil pretest dan posttest.

Hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh T_hitung= 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05dan n = 5 (jumlah sampel) dari daftar uji Wicoxon diperoleh T_tabel= 1. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa H_i diterima dan H_o ditolak,  sebab T_(hitung (0)) ≤ T_(tabel (1)). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media counting board memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan di SDLB IDAYU II Kabupaten Malang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Khoiriyah, PutriAlmira. 2017. The Influence of Counting Board Media Againts Arithmetic Ability of Mild Mental Retardation Children in SDLB IDAYU 2 Malang, Skripsi. Special Education Departement, Faculty of Education, State University of Malang, counselors: (1) Dra. WiwikDwiHastuti, S.Pd, M.Pd (II) Pramono, S.Pd, M.Or

 

Keywords : Counting Board, Sum Arithmetic Operation, Mental Retardation.

 

Mental Retardation childare children with special needs with intellectual barriers or cognitive function. These obstacles make it difficult to think abstractly. The sum arithmetic operation is abstract because it relates to symbols and numbers. The summation material is taught to children with grade 2 mental retardation in extraordinary elementary school. Mental retardation children in SDLB IDAYU 2 Malang difficult to perform sum arithmetic operations. Media limitations make the child's difficult to study the sum arithmetic operation. Seeing this condition researchers offer solutions in the form of use of media counting board. Counting board Media is an interactive learning media because it involves students directly and has an interesting visual appearance.

This research was conducted to find out how the influence of counting board media on the ability of counting of second grade mental retardation children in SDLB IDAYU 2 Malang. This research uses pre-experimental experiment research method with one group pretest and posttest research design. This study involved 5 students tunagrahita grade 2 as the subject of research.

Data collection on the research was 20 questionnaires and 10 oral test questions. Data analysis using Wilcoxon Test. The data in the analysis is the result of pretest and posttest data.Wilcoxon test results obtained T_hitung=  0. The critical value for the Wilcoxon test α = 0.05 and n = 5 (sample number) from the Wicoxon test list obtained T_tabel= 1. From the calculation it is stated that  is accepted and H_i is rejected, because T_hitung(0) ≤ T_tabel  (1). Based on these results it can be concluded that the counting board media gives a significant influence on the ability to arithmetic ability for mild mental retardation children in SDLB IDAYU II Malang.