SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN ABENTEUER IM ZAUBERWALD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB JATIWIRATAMA KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR

DIAN BUDI PRABOWO

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabowo, Dian Budi. 2017. Pengaruh Penggunaan Permainan Abenteuer im Zauberwald terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Jatiwiratama Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Shodiq AM, M.Pd, (2) Dr. Henry Praherdiono, S.Si, M.Pd.

Kata Kunci: permainan abenteuer im zauberwald, kemampuan berhitung, tunagrahita ringan

 

Belajar matematika berhitung penjumlahan siswa kelas IV SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar masih relatif rendah. Selama pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan guru hanya berpusat pada buku teks. Kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran menjadikan pembelajaran menjadi monoton dan siswa kurang aktif dalam belajar di kelas.

Tujuan penelitian mendeskripsikan: (1) Kemampuan berhitung penjumlahan 1 – 20 siswa sebelum diberikan permainan abenteuer im zauberwald, (2)  Kemampuan berhitung penjumlahan 1 – 20 siswa sesudah diberikan permainan abenteuer im zauberwald, (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan permainan abenteuer im zauberwald terhadap kemampuan berhitung penjumlahan 1 – 20 siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif, desain Pre-Exsperimental Design bentuk one group pretest postest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan menggunakan tes tulis bentuk isian singkat. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan merancang instrumen, memberikan pretest lalu melakukan treatment dengan menggunakan permainan abenteuer im zauberwald, dan tahap akhir memberikan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 24 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest = 53 dan nilai rata-rata posttest = 82. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) menunjukkan nilai 0,000 kurang dari 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh secara signifikan penggunakan media permainan abenteuer im zauberwald dalam berhitung penjumlahan.

Saran dalam penelitian ditujukan kepada: (1) Kepala sekolah, memberikan pertimbangan terhadap sarana dan prasarana yang menunjang siswa aktif , (2) Guru, memanfaatkan media visual berupa permainan abenteuer im zauberwald, (3) peneliti lain agar dapat melakukan penelitian serupa dengan konteks yang lebih luas.