SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh Metode takrir terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an Bagi Siswa tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta

Anik Agustin

Abstrak


ABSTRACT

 

Agustin, Anik. 2017. The Effect of Takrir Method Towards for Improving Ability of Memorizing AlQur'an For Students with Mild Intellectual disability in SLB 1 Bantul Yogyakarta. Undergraduate Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Supervisor: (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M. Si (2) Drs. Asim, M. Pd

 

Keywords: Takrir Method, ability to Memorize Al-Qur'an, Intellectual disability

 

Menghafal merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan saat anak berada dalam proses pembelajaran. Pada kurikulum mata pelajaran pendidikan agama islam pada tingkat SMPLB terdapat kompetensi dasar menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an  Anak diharuskan menghafalkan bacaan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an  Hal ini akan menjadi sesuatu yang cukup sulit dikarenakan sebagian anaktunagrahita ringan yang memiliki kesulitan mengalami hambatan dalam menghafalkan sesuatu. Anak dengan hambatan intelektual akan lebih lambat dan sulit dalam menghafal surat-surat dalam Al-Qur’an yang cenderung asing serta baru dia dengar. Untuk mengatasi maslah yang terjadi perlu ada pendekatan hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode takrir.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa tunagrahita ringan sebelum menggunakan metode takrir, (2) mendeskripsikan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa tunagrahita ringan sesudah menggunakan metode takrir, dan (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode takrir terhadap peningkatan kemampuan menghafal siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.

Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental dengan desainone group pre test post test design, dengan membandingkan subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes. Teknik analisis data diselesaikan dengan bantuan  software SPSS 20.00 for windows dan uji Anova.

Hasil penelitian dapat diketahuinilai rata-rata pre test dan post test sebagai berikut.Rata-rata kemampuan menghafal surat Ad-Dhuha pada saat pre test sebesar 42,62 sedangkan pada saat post test sebesar 90,74,  rata-rata kemampuan menghafal surat At-Tiin pada saat pre test sebesar 40,77 sedangkan pada saat post test sebesar 81,48, dan rata-rata kemampuan menghafal surat Al-Insyiroh pada saat pre test sebesar 38,91 sedangkan pada saat post test sebesar 85,19.Berdasarkan data tersebut dapat diketahui peningkatan yang signifikan rata-rata pre test dan post test masing-masing surat. Kemudian, hasil output diperoleh nilai signifikansi untuk data kemampuan menghafal surat Ad-Dhuha adalah  0,21 sedangkan nilai signifikansi untuk data kemampuan menghafal surat At-Tiin 0,027 dan nilai signifikansi untuk data kemampuan menghafal surat Al-Insyiroh adalah 0,013.  Menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05.

Berdasarkan kriteria tersebut maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Takrir berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi siswa kela VII tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.Saran untuk guru pelajaran agama islam, dengan melihat hasil yang positif dari penelitian ini, metode Takrir dapat digunakan saat pelajaran agama islam untuk pembelajaran  menghafal surat-surat pendek pilihan.

 

 

 

memorizing is one of the ability which is mostly needed in the learning process. The subjects of Islamic religion education at the special junior high school level has the basic competence of memorizing short surah of the holy Qur'an. Students are required to memorize the short surah in the holy Qur'an. It would become difficult obstacles for the light intellectual disability students who have the barriers on memorizing. The students with intellectual barriers would become slower and faces more difficulties to memorize surah in the holy Qur'an which in ways present as new and unfamiliar things. In order to overcome the occurrence problems it is necessary to have a recitation approach of Al-Qur'an by using takrir method.

The purpose of this study is aimed to describe the ability of memorizing the holy Al-Qur'an of students with light intellectual disability before and after using takrir method, also describe the effect of takrir method on improving the ability of memorizing. The subject of this study was the light intellectual disability students in VIIth class at National Special School 1 Bantul Yogyakarta.

This study is used the Pre Experimental Design research which has same subject comparisons under different conditions. There was one instrument used in this research; test. It is applied for pre-test and post-test. The analytical technique used was prerequisite test using normality test and homogeneity test which was completed with SPSS 20.00 for windows program and Anova test.

The results of the study showed that there was a significant difference between the mean value of pretest and posttest. The result of data analysis is known that the average ability to memorize surah AdDhuha at pre-test is 42,62 while at post-test 90,74. The average ability to memorize surah At-Tiin at pretest is 40.77 while at the post-test is 81,48. And the average ability to memorize surah Al-Insyiroh at the pre-test is 38.91 while at the post-test is 85,19. The result indicates that the value of significance for the data of the ability to memorize the letter of Ad-Dhuha is 0.21 while the value of significance for the data of the ability to memorize the Surah At-Tiin is 0.027 and the significance value for data memorization ability of Surah Al-Insyiroh is 0,013. It shows that the significance value is < 0.05.

According to the result, it is concluded that H0 is rejected. In details the Takrir method has affected the ability to memorize Al-Qur'an for students with light intellectual disability in class VIIth class at National Special School 1 Bantul Yogyakarta. Furthermore, it is suggested for Islamic religion teachers to use Takrir methods during Islamic religion lessons for learning memorizing short surah by choice by considering the positive results of this study.