SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Permainan Sirkuit Lalu Lintas terhadap Kemampuan Tertib Berlalu Lintas Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Kristen Pelangi Kasih Pasirian

Ina Mustofa

Abstrak


ABSTRAK

Mustofa, Ina. 2017. Pengaruh Permainan Sirkuit Lalu Lintas terhadap Kemampuan Tertib Berlalu Lintas bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Kristen Pelangi Kasih Pasirian Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd (II) Dr. Sihkabuden, M.Pd

Kata Kunci: Permainan Sirkuit Lalu Lintas, Kemampuan Tertib Berlalu Lintas, Tunagrahita Ringan

            Siswa Tunagrahita pada tingkat SMPLB terdapat program khusus binadiri dengan kompetensi dasar mengatasi bahaya. Siswa tunagrahita memiliki hambatan intelektual yang sulit memahami dan mengerti konsep abstrak. Untuk mempermudah siswa tunagrahita dalam memahami konsep dari tertib berlalu lintas yaitu dengan menggunakan permainan sirkuit lalu lintas.

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Kristen Pelangi Kasih Pasirian Lumajang sebelum mendapatkan treatment menggunakan permainans irkuit lalu lintas, mendeskripsikan kemampuan siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Kristen Pelangi Kasih Pasirian Lumajang setelah mendapatkan treatment menggunakan permainan sirkuit lalu lintas, menganalisis pengaruh permainan sirkuit lalu lintas terhadap kemampuan tertib berlalu lintas siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Kristen Pelangi Kasih Pasirian Lumajang.

            Penelitian ini termasuk penelitian Pre Experimental Design dengan perbandingan subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre test dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang diselesaikan dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dan uji Anova.

            Hasil analisis diketahui bahwa rata-rata kemampuan tertib berlalu lintas pada saat pre-test sebesar 53,1 sedangkan pada saat post-test sebesar 92,6. Hasil output diperoleh nilai signifikansi untuk kemampuan tertib berlalu lintas sebesar 0,000, data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05.

            Berdasarkan kriteria tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, dikarenakan terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa Permainan Sirkuit Lalu Lintas berpengaruh terhadap kemampuan tertib berlalulintas bagi siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Kristen Pelangi Kasih Pasrian Lumajang. Saran untuk guru program binadiri, dengan melihat hasil posttest dari penelitian ini, permainan sirkuit lalu lintas dapat digunakan pada saat pelajaran untuk pembelajaran tentang lalul intas.