SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Kartu Tanda Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Sederhana Siswa Tunagrahita Kelas XII SMALB YP2 Kedungkandang

Lintang Achmad Maulana

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulana, Lintang Achmad. 2017. Penggunaan Media Kartu Tanda Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Sederhana Siswa Tunagrahita Kelas XII SMALB YP2 Kedungkandang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd dan (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn.

 

Kata Kunci: media kartu tanda baca, menulis sederhana, tunagrahita

 

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata- rata sejak lahir atau pada usia muda sehingga mengalami kesulitan pada setiap fase tugas perkembangannya. Media pembelajaran yang digunakan dalam menulis sederhana harus dapat merangsang siswa untuk dapat menulis kalimat menggunakan tanda baca dengan baik dan benar. Media pembelajaran yang cocok untuk permasalahan siswa tunagrahita sekolah menengah atas adalah media kartu tanda baca.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses penggunaan media kartu tanda baca, dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis sederhana siswa tunagrahita kelas XII SMALB YP2 Kedungkandang menggunakan media kartu tanda baca.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK. PTK merupakan salah satu bentuk penulisan karya ilmiah. PTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran didalam kelas yang dilakukan secara bersiklus. Dalam penelitian ini peneliti bertindak perencana tindakan, pengumpul data, menganalisis data, dan sebagai pelapor hasil analisis data. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas XII SMALB YP2 Kedungkandang. Pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan rubrik penyekoran menulis sederhana siswa. Pada tahap analisis data, peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini terdapat 2 tahap yaitu tahap pra tindakan atau persiapan dan pelaksanaan tindakan.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan media kartu tanda baca dapat berjalan sesuai dengan langkah yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I pertemuan 1 ke pertemuan 2 terdapat peningkatan dalam aktivitas belajar sebesar 33%. Dan pada siklus II pertemuan 1 ke pertemuan 2 terdapat peningkatan dalam aktivitas belajar sebesar 34%. Berdasarkan peningkatan tersebut dalam penggunaan media dilakukan perbaikan pada siklus I. Siklus I penggunaan media dilakukan secara berkelompok. Penggunaan media pada siklus I kurang efektif maka dilakukan perbaikan pada siklus II. Siklus II penggunaan media dilakukan secara individu.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kartu tanda baca dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi pembelajaran menulis kalimat sederhana. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menggunakan media kartu tanda baca untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penggunaan media kartu tanda baca dan perbaikan media kartu tanda baca untuk penggunaan yang lebih luas.