SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggaruh Media Flipchart terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLB Bhakti Luhur Malang

Ravelia Saktia Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ravelia Saktia. 2016. Penggaruh Media Flipchart terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLB Bhakti Luhur Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik D. Astuti, M.Pd, (2) Dr. Asim, M.Pd.

 Kata Kunci : Flipchart, Kemampuan Bercerita, Tunagrahita Ringan

Kemampuan bercerita pada siswa berbeda-beda. Pada siswa kelas rendah cenderung baik menggunakan media kongkret dan dalam bentuk gambar sebagai alternatif lain. Siswa cenderung kurang konstan dalam mengikuti pembelajaran. Menggunakan media pembelajaran  dapat menjadi alternatif dalam materi pembelajaran bercerita. Flipchart dapat digunakan sebagai media pembelajaran bercerita.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas III sebelum menggunakan media flipchart di SDLB Bhakti Luhur Malang, kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas III setelah menggunakan media flipchart di SDLB Bhakti Luhur Malang, dan pengaruh penggunaan media flipchart terhadap kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas III.

Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design uji Wilcoxon Matched Pairs, kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for Windows.Hasil validasi ahli media 91.25 dan validasi materi adalah 95.

Hasil rata-rata pretest menunjukkan 78,2. Hasil posttest yaitu 92,8. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut, diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil rata-rata nilai dari 5 siswa. Penggunaan Uji Wilcoxon Matched Pairs menunjukkan hasil  ≤ T tabel, yaitu 0 ≤ 1. Taraf nyata yang digunakan adalah α= 0,05. Hasil uji Wilcoxon Matched Pairs menunjukkan bahwa Hₒ di tolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan keterampilan bercerita siswa tunagrahita kelas III sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media flipchart.

Saran bagi guru yaitu menggunakan media flipchart untuk melatih kemampuan bercerita siswa tunagrahita ringan. Saran untuk peneliti adalah menggunakan media flipchart untuk pembelajaran lain.