SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Bagan Lembar Balik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas I di SDLB Wira Kusuma

UMI WAROKA

Abstrak


ABSTRAK

 

Waroka, Umi. 2015. Penggunaan Media Bagan Lembar Balik  untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas I di  SDLB Wira Kusuma. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd,(II) Drs. H. Ahmad Samawi, M.Hum.

 

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Bagan Lembar Balik, Tunagrahita

 

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena adanya permasalahan yaitu hasil belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah untuk itu digunakan media bagan lembar balik dengan indikator keberhasilan 75 % . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca permulaan pada peserta didik kelas I Tunagrahita Ringan di SDLB Wira Kusuma melalui media bagan lembar balik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media bagan lembar balik pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca permulaan rata rata sebesar 33.33%. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I nilai rerata hasil belajar 71,87 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,7. Hasil tuntas belajar klasikal pada siklus I 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%.

Kesimpulan dari penelitian penggunaan media bagan lembar balik dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan pada peserta didik kelas I Tunagrahita Ringan di SDLB Wira Kusuma Prigen. Saran dapat memberikan tambahan inovasi yang lebih menarik pada penggunaan media bagan lembar balik untuk meningkatkan hasil belajar membaca permulaan pada peserta didik kelas I tunagrahita