SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARTU GAMBAR SERI BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS X

Indah Wahyunisari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyunisari, Indah. 2015. Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Melalui Pemanfaatan Media Kartu Gambar Seri Bagi Siswa Tunarungu Kelas X SMALB SLB PTN Lawang Malang. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Moh. Efendi, M. Pd., M. Kes, (II) Drs. Abdul Huda, M. Pd.

 

Kata Kunci : Kemampuan Membuat Kalimat, Media Kartu Gambar Seri, Siswa Tunarungu.

 

Siswa tunarungu adalah siswa yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh kerusakan atau tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran, sehingga iatidak mampu untuk menerima kosakata baru dan juga berdampak pada aspek bicaranya, pada gilirannya akan mengalami hambatan dalam perkembangan bahasanya.

Diperlukan satu cara atau media pembelajaran untuk memecahkan masalah bahasa siswa tunarungu, terutama dalam menyusun suatu kalimat, yaitu dengan menggunakan media kartu gambar seri. Kartu gambar seri merupakanbentuk permainan educatif yang disusun secara berurutan membentuk satu kalimat sederhana, sehingga memudahkan siswa, terutama siswa tunarungu untuk membantu proses pembelajaran

Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan proses pemanfaatanmedia kartu gambar seri bagi siswa tuna rungukelas X SMALB SLB PTN Lawang Malang(2)Mendeskripsikan peningkatan belajar membuat kalimatmelaluikartu gambar seri bagi siswa tuna rungukelas  X SMALB SLB PTN Lawang Malang

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dua tahap; Tahap Pra Tindakan dan Tahap Tindakan. Tahap tindakan dibagi menjadi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang metode pengumpulan datanya melalui pengamatan, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapatpeningkatan kemampuan membuat kalimat melalui pemanfaatan media kartu gambar seri pada tahap pra tindakan menunjukkan ketuntasan klasikal 20%, dan pada siklus I 40 %, dan kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80 %. Artinya dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membuat kalimat melalui pemanfaatan kartu gambar seri bagi siswa tunarungu kelas X SMALB SLB PTN Lawang Malang

 

Kesimpulan dari hasil penelitian dengan pemanfaatan media permainan kartu gambar seri sangat mendukung sebagai media proses belajar khususnya dalam membuat kalimat. Terbukti adanya peningkatan dalam ketuntasan klasikal. Saran yang diberikan peneliti adalah untuk pihak sekolah (bersama guru) agar dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah lebih ditingkatkan lagi dengan menggunakan berbagai media yang lebih variatif dan komunikatif.