SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahanmelalui Penggunaan Media Toys pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek

Aprilia Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Aprilia. 2015. Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahanmelalui Penggunaan Media Toys pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa,  Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd. (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd.

 

Kata Kunci: Operasi Hitung Penjumlahan, Tunagrahita, Media Toys

 

Berdasarkan pengamatan di SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek kelas II terdapat permasalahan pada pembelajaran matematika operasi hitung penjumlahan, yaitu hasil dari mengoperasikan hitung penjumlahan dari angka 1 sampai angka 10 masih rendah. Hal ini dikarenakan guru saat mengajar di dalam kelas masih menggunakan metode klasikal dan penugasan, selain itu saat memberikan materi pembelajaran, guru masih mengandalkan buku pegangan guru dan papan tulis. Guru belum pernah menggunakan media pembelajaran.

Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan proses pembelajaran menggunakan media toys yang dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa Tunagrahita kelas II di SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek, (2) peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan setelah menggunakan media toys pada siswa Tunagrahita kelas II di SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK yang digunakan yaitu peneliti sebagai guru (pengajar). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Tunagrahita kelas II berjumlah 6 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 2 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.

Hasil penelitian pada pembelajaran matematika kemampuan operasi hitung penjumlahan melalui penggunaan media toys menunjukkan bahwa hasil tes mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh hasil rata-rata siswa mencapai 62,22 dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu71,11. 

Kesimpulan yang diperoleh yaitu penggunaan media toys dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa kelas II pada pembelajaran Matematika. Pada saat proses pembelajaran para siswa dibimbing dengan pengajaran yang diindividualisasikan. Saran yang diberikan oleh Kepala Sekolah memberikan solusi dan pertimbangan terhadap sarana dan prasarana yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran, bagi guru yaitu sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan di Sekolah, dan bagi peneliti lanjutan apabila mengambil penelitian serupa dapat menambahkan fokus penelitian tentang aktivitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan media toys. 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Rahmawati, Aprilia. 2015. The Increasing of Summation Operation Ability through Toys Media Utilization for Students with Intellectual Disability in second grade SDLBN Panggungsari Trenggalek. Undergraduate  Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd. (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd.

 

Keywords: Summation Operation, Intellectual Disability, Toys Media

 

Based on observation in SDLBN (Public Elementary School of Special Needs) Panggungsari Trenggalek for the second Grade, there was a problem in mathematics learning of summation operation, which was the result of operating summation from number 1 to 10 still low. It was caused by the teacher taught with classical and assignment method in class, besides that when giving learning material the teacher was still relay on teacher guidance book and whiteboard. Teacher was not using learning media yet.

The research’s purpose is to describe: (1) the implementation of learning process using toys media which could increase summation operation ability to the Students with Intellectual Disability in the second Grade SDLBN Panggungsari Trenggalek; (2) the increase of summation operation ability after using toys media for students in the second Grade SDLBN Panggungsari Trenggalek.

This research was qualitative descriptive with Classroom Action Research design. The classroom action research that used was the researcher as teacher (educator). This research was conducted in 2 cycles. There were 4 steps as follow: planning, implementation, observation, and reflection. The research subject was Intellectual Disability students in the second Grade for 6 students which consisted of 4 male students and 2 female students. Data collection was used by observation, test, and documentation technique.

Research result to the mathematics learning of summation operation ability through toys media utilization showed that test result had improvement in the cycle I in which it was obtained the average result of student was 62.22 and had increase in the cycle II with the average value was 71.11.

Conclusion that obtained in this research was toys media utilization could increase summation operation ability to the students in second Grade for mathematics learning. In the learning process, students were guided by individualization teaching. Suggestion that was given for School Principal was giving solution and consideration to the facility and infrastructure which could support the learning, for teacher was as one alternative mathematics learning media of summation operation material in the school, and for the next researchers if they take similar research then they can add research focus about student activity in the learning by using toys media.