SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Jadwal Terhadap kemampuan Berbahasa Anak autis Di Sekolah Gracio Kids Kota Malang.

William Antonius

Abstrak


ABSTRAK

 

William Antonius. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Jadwal Terhadap kemampuan Berbahasa  Anak autis Di Sekolah Gracio Kids Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tomas Iriyanto,S.Pd,M,Pd (II) Drs, Usep Kustiawan M.Sn.

 

Kunci: autis, berbahasa, pemanfaatan kartu jadwal

Ada salah satu diagnotis anak autis adalah memiliki hambatan pada berbahasa.berbahasa  terjalin dengan baik apabila berbahasa reseptif dan ekspresif dapat terjalin dengan baik.Didalam kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif anak autis yang tidak berkembang dapat dilibatkan hambatan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif maupun ekspresif anak autis memanfaatkan media kartu jadwal  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan penggunaan media kartu jadwal terhadap kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif anak autis.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian SSR (Single Subject Research) desain A-B-A’-B’ selama 10 sesi. Pada fase baseline awal (A) terdiri dari 3 sesi, fase intervensi awal terdiri dari 2 sesi, fase baseline kedua 2 sesi, dan baseline ketiga 3 sesi. Pengolahan data dan dianalisis.Analisis data menggunakan visual grafik.Penelitian ini mengembangkan aspek bahasa reseptif dan ekspresif dengan subjek tunggal (satu anak autis).

Hasil penelitian yang didapat dari keempat  aspek bahwa anak mampu melaksanakan maupun mengekspresikan keinginannya karena adanya bantuan intervensi. Hal ini pada hasil penelitian yang pada fase intervensi awal maupun intervensi akhir skor dapat lebih tinggi dari fase baseline awal maupun baseline akhir.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa anak mampu melaksanakan aspek yang dikembangkan karena adanya bantuan dari media kartu jadwal  yang berpengaruh terhadap kemampuan anak. Saran bagi guru saat mengajar anak autis dengan jenis autis berat dan terlebih untuk menjalin komunikasi dua arah baik dalam berbahasa reseptif maupun bahasa ekspresif menggunakan pendekatan penggunaan media kartu jadwal disertai dengan pengukuran dan kriteria penilaiannya.