SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH METODE ABA (APPLIED BEHAVIOUR ANALISYS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK AUTISME

Sugeng Hariyadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariyadi, Sugeng. 2015. “Pengaruh  Metode ABA (Applied Behavior Analisys ) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak  Autis di Pusat Layanan  Autis Kota Malang” Jurusan  Pendidikan Luar Biasa Falkutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Dra.Wiwik Dwi Astuti, S. Pd, M .Pd  Pembimbing ( II) Dr. Sulthoni, M. Pd.

 

Kata kunci : Metode ABA(Applied Behavior Analisys ),  membaca permulaan,anak  autis

 

Membaca permulaan  merupakan salah satu  kemampuan  yang  sangat dibutuhkan bagi anak autis. Meskipun demikian bukanlah hal yang sangat mudah. Anak autis mengalami  kesulitan atau  kesukaran dalam  belajar membaca permulaan, karena anak autis memiliki keterbatasan dalam  hal –hal  yang  sifatnya abstrak, lemah dalam  hal memusatkan perhatian dan konsentasi, dan cenderung  pasif. Metode ABA (Applied Behavior Analisys) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh karena itu penggunaan kartu  huruf, suku kata, kata,  dan gambar  yang merupakan bagian dari metode ABA dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Autistic Spectrum Disorder (ASD).

Tujuan  penelitian  untuk  meningkatkan  kemampuan  membaca  permulaan; 1)  kemampuan peserta didik sebelum diberikan intervensi  menggunakan  kartu  huruf, suku kata, dan  gambar,  2) kemampuan  peserta didik  setelah diberikan  intervensi menggunakan  kartu huruf,  suku kata, dan gambar,  3) pengaruh kartu  huruf,  suku kata,  kata,  dan  gambar terhadap  kemampuan  membaca  permulaan.

Metode penelitian  menggunakan  pendekatan  kuantitatif,  serta dalam intervensi dan analisis data menggunakan metode Single Subject Research (SSR)  disain A – B – A, dengan  satuan ukur persentase. Subjek penelitian adalah anak autis ringan. pengambilan data dilakukan dengan mengunakan form penilaian yang telah divalidasi. Data yang didapatkan adalah baseline -1(A1),  treatment (B) dan beseline    -2 (A2). Kemudian data dianalisa, hasil yang didapatkan : panjang kondisi baseline      - 1(A1) adalah 5 sesi observasi, selama 5 hari, kondisi intervensi (B) sampai 10 sesi selama 10 hari, dan kondisi baseline - 2(A2) adalah 4 sesi selama 4 hari pertemuan. Selanjutnya data dianalisa menggunakan grafik visual analisis yang terdiri dari analisa dalam kondisi dan antar kondisi.

 

Hasil  penelitian  menunjukkan  perolehan mean level dari baseline -1 sebesar 38,64,sedangkan intervensi sebesar 12,9, baseline -2 sebesar 94,5. Selain itu prosentase overlap antara kondisi baseline -1 ke kondisi intervensi sebesar  0%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya  pengaruh pengunaan media kartu huruf, suku kata, kata, dan gambar terhadap kemampuan membaca permulaan sebagai target behaviour. Adapun saran  bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan metode ABA untuk  meningkatkan  kemampuan  membaca  permulaan,  khususnya untuk anak dengan autisme.