SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran KArtu Jadwal Terhadap Perilaku Anak Autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang

Yohanes Bastian

Abstrak


ABSTRAK

 

Bastian, Yohanes. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran KArtu Jadwal Terhadap Perilaku Anak Autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Skripsi S1 PLB, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tomas Iriyanto, M. Pd (2) Henry Praherdiono, S.Si.,M.Pd.

 

Kata Kunci: Kartu jadwal, Perilaku menyimpang, Autis.

 

Autisme adalah jenis gangguan perkembangan pada anak dalam hal komunikasi, sosial dan perilaku mengakibatkan mereka memiliki kesulitan untuk memahami informasi perasaan dari lingkungannya, seringkali mereka menginginkan lingkungannya dapat terprediksi oleh mereka. Hal baru diluar prediksinya dapat menimbulkan rasa cemas yang tinggi sehingga muncul perilaku yang menyimpang. Upaya untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan informasi kepadanya tentang kegiatan atau kejadian apa saja yang mereka lakukan / alami dan apa yang harus mereka kerjakan dalam waktu tertentu. Memiliki jadwal membuat tingkat kegelisahan menurun sehingga diharapkan penyimpangan perilaku dapat dicegah. Salah satu tempat terapi untuk anak autis yang menggunakan media visual kartu jadwal ada di Pusat Layanan Autis Kota Malang dengan model visual structure.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah Perilaku anak autis sebelum digunakannya media kartu jadwal dalam pembelajaran di PLA kota Malang saat kondisi baseline? (2) Bagaimana Perilaku anak autis saat saat diberi intervensi menggunakan kartu jadwal dalam pembelajaran di PLA kota Malang  (3) Adakah pengaruh penggunaan media kartu jadwal terhadap perilaku anak di PLA Kota Malang?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian A-B. Subjek penelitian ini adalah AZN (10 Tahun). Pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan observasi secara langsung tentang perilaku menyimpang yang muncul kemudian dianalisis dengan jenis ukuran frekuensi.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah (1) level perubahan fase baseline meningkat sebanyak 1x. Sedangkan (2)   pada, fase intervensi berkurang sebanyak 1x. (3) terdapat perubahan menurun atau berkurang dari fase baseline terhadap fase intervensi sebanyak 3x.

 

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan perilaku yang menyimpang dari fase baseline ke fase intervensi. Hal ini dipengaruhi oleh adanya media visual kartu jadwal terhadap perilaku anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Saran dari penelitian ini adalah penerapan media kartu jadwal visual dibutuhkan di sekolah dan rumah untuk memberi informasi pada penyandang autis tentang kondisi lingkungannya.