SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Kartu Gambar Berseri Terhadap Ketrampilan Toilet Training Anak Autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang.

sri marta astutik

Abstrak


ABSTRAK

 

Nainggolan, Ida Nauli, 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Gambar Berseri Terhadap Ketrampilan Toilet Training Anak Autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Skripsi S1 PLB. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Saichudin, Dr,  M.Kes (2) Abdul Huda, Drs, M.Pd.

 

Kata kunci : media Kartu Gambar Berseri, kemampuan toilet training, anak autis

Anak penyandang autis pada umumnya mereka mengalami kesulitan dalam  pemahaman, komunikasi/ interaksi, dan kemandirian. Penyandang autis pada umumnya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal, hal ini menimbulkan munculnya berbagai masalah yang salah satu diantaranya yaitu mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari hari. Mereka kurang memiliki kemandirian, sehingga kebutuhan dan kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari sangatlah bergantung kepada orang lain. Kondisi anak dengan autis yang mempunyai keterbatasan dalam  hal komunikasi sehingga kondisi tersebut membuat mereka kesulitan dalam mengekspresikan keinginan dan kebutuhannya.Karena anak tidak bisa menyampaikan keinginan/kebutuhannya, maka untuk buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK) juga mereka seringkali tidak mampu untuk mengungkapkan keinginannya, oleh karena itu di sekolah ataupun di rumah mereka seringkali ngompol dan BAB di celana. Akibatnya kegiatan belajar mengajar sering terganggu. Namun anak autis dengan gaya belajar visual learner masih bisa dilatih dengan pembelajaran berbentuk visual, untuk itu peneliti menggunakan Media Kartu Gambar Berseri sebagai alternatif pemecahan masalah- masalah tersebut.

Subyek penelitian ini adalah anak autis berusia 4 tahun yang saat ini bersekolah di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian SSR ( Single Subyect Research) dengan desain penelitian A-B-A. Subjek penelitian sebanyak satu orang yang berada di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Penelitian dilakukan dalam 16 sesi yaitu baseline-1(A1) sepanjang 5 sesi, kondisi intervensi (B) sepanjang 6 sesi,  dan baseline-2 (A2) sepanjang 5 sesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi  menggunakan media Kartu Gambar Berseri berpengaruh terhadap Ketrampilan Toilet Training pada anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Hasil tersebut dibuktikan dengan pemerolehan mean  level yang meningkat dari baseline-1 sebesar 42,4 sedangkan intervensi sebesar 94,33 dan baseline -2 sebesar 98,6. Presentasi overlap antar kondisi baseline-1 terhadap intervensi sebesar 0%.

Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunakan media Kartu Gambar Berseri terhadap peningkatan ketrampilan toilet training anak autis. Adapun saran bagi guru dalam penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan media dalam pembelajaran ini  sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa.