SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Monte Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLB PGRI Wonoasih Kota Probolinggo

Gaby Rosa Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Gaby Rosa. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Monte Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Kelas III di SDLB PGRI Wonoasih Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (II) Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd

 

Kata kunci : media monte, kemampuan berhitung, tunagrahita

 

Tunagrahita adalah anak yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata anak pada umumnya. Sehingga menyebabkan kelemahan kognitif yang berpengaruh pada persepsi ingatannya, sehingga pembelajarannya harus secara berulang dan terus-menerus. Anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam berpikir abstrak, sehingga mereka membutuhkan keperagaan media yang konkrit dalam pembelajaran. Salah satunya adalah monte. Monte merupakan benda konkrit dan memiliki nilai satuan yang sangat memudahkan siswa tunagrahita dalam belajar behitung bilangan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tunagrahita kelas III di SDLB PGRI Wonoasih Kota Probolinggo sebelum dan sesudah menggunakan media monte, serta menganalisa pengaruh penggunaan media monte terhadap kemampuan berhitung bilangan 1 sampai 10.

Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan bentuk penelitian Time Series Design karena hanya menggunakan satu kelompok saja. Penelitian ini menggunakan sampel total atau seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian sebanyak 6 siswa, sehingga pengujian hipotesis menggunakan statistik nonparametrik. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes tulis (pre-tes dan post-test) dan tes perbuatan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung siswa tunagrahita setelah menggunakan media monte, serta adanya pengaruh penggunaan media monte terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita, dibuktikan dengan uji tanda yang pada pengujian satu sisi diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 2,9 > 1,64. Sedangkan pada pengujian dua sisi diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 2,9 > 1,96 atau dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media monte terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas III SDLB PGRI Wonoasih Kota Probolinggo. Disarankan kepada guru agar dapat menerapkan media monte dalam pembelajaran berhitung bagi siswa tunagrahita, baik berhitung bilangan maupun berhitung penjumlahan atau pengurangan pada tahap selanjutnya.