Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan media "ni shi shei" berbasis komputer untuk pembelajaran bahasa mandarin kelas x tingkat sma

Triya Juita

Abstrak


ABSTRAK

 

Juita, Triya. 2016. Pengembangan Media “nǐ shì shéi (你是谁)” Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas XTingkat SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sawitri Retnantiti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan media, nǐ shì shéi (你是谁), komputer, pembelajaran bahasa Mandarin.

 

Pengembanganmedia “nǐ shì shéi (你是谁)”bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Mandarin berbasis komputer bagi siswa kelas X SMA dengan topik identitas diri. Langkah-langkah model penelitian dan pengembangan ini disesuaikan  dengan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah model pengembangan dalam penelitian ini telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, yaitu: (1)  pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir.

Produk yang dihasilkan oleh penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Mandarin berbasis komputer yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin kelas X SMA. Isi dari media yang dikembangkan ini meliputi  materi dan latihan soal bahasa Mandarin secara online yang dikemas dalam bentuk website. Ada empat halaman yang terdapat dalam menu, yaitu: home (beranda), materi, kosa kata, dan latihan soal. Media tersebut memuat materi dan latihan soal bahasa Mandarin. Laporan hasil latihan soal yang telah dikerjakan oleh siswa tersebut dapat dilaporkan melalui email guru dan siswa. Media tersebut  disertai petunjuk pengoperasian latihan soal online. Selain itu, materi juga disertai contoh  berupa teks, gambar, dan suara yang disesuaikan dengan topik mata pelajaran bahasa Mandarin untuk kelas X SMA, yaitu topik identitas diri. Tampilan yang terdapat dalam media tersebut dikombinasikandengan warna, suara, dan gambar yang membuat tampilan media terlihat hidup.

Hasil analisis dari validasi ahli media, ahli materi, dan hasil analisis uji coba guru mata pelajaran bahasa Mandarin, serta siswa diperoleh nilai rata-rata masing-masing sebesar 82,5 %, 96,43%, 94,44%, dan86,56%.Secara keseluruhan hasil analisis dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran bahasa Mandarin dan siswa kelas X diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,97%. Menurut kriteria kelayakan skor tersebut menyatakan bahwa media “nǐ shì shéi (你是谁)” berbasis komputer untuk pembelajaran bahasa Mandarin kelas X SMA layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

 

ABSTRACT

 

Juita, Triya. 2016. The Computer Based “Nǐ Shì Shéi (你是谁) ” Media Development For Mandarin Language Learning In Senior High School. Thesis, MandarinLanguage Education Study Program, German Department, Faculty ofLetters, State University of Malang. Advisor: Dra. Sawitri Retnantiti, M.Pd.

 

Key Term: Learning Media, Computer-Based, Mandarin.

 

 The objective of this research and media development is to obtain computer-based Mandarin media development for 10th grader students with self-identity topics. There are materials and online test in the media in the concept of website. Based on media experts, the validation of material experts, and Mandarin teachers analysis it is obtained an average score of 82.5%, 94.43%, 94.44% respectively. And then, respondents analysis of 21 and 24 students obtained an average score of 89.52% and 84.527% respectively. Over all obtained an average score is 89.43%. based on proper criteria of the score, it has shown that computer-based “nǐ shì shéi (你是谁)” media for learning Mandarin at the high school scope is suitable to be used in teaching Mandarin.

 

提要

 

Juita。Triya。2016 界。论文是题目:“汉语教学软件“你是谁”的研究制作”。玛琅国立大学,德语系,中文专业。咨询员:Dra. Sawitri Retnantiti, M.Pd.

 

关键词: “你是谁”软件汉语教学制作

 

目前在玛琅地区的中学中,汉语媒体教学软件几乎没有,“你是谁”软件的制作是针对中学生汉语教学和汉语学习设计的。这款软件是根据Borg and Gall的研究方法,将十个研究开发步骤简化为七个步骤制作完成的。这七个步骤分别为:(1)提出问题——(2)数据收集——(3)产品设计——(4)产品设计验证——(5)产品设计修改——(6)产品测试——(7)最终产品。

“你是谁”软件的音像材料来源于网站,该软件包括课文和练习两大部分。该软件设计的问题经过中国和印尼的汉语教师、媒体人士和学生的测试。测试结果显示,媒体人士的满意比例为82.5%;中国汉语教师的满意比例为96.43;印尼汉语教师的满意比例为94.44%,学生的满意比例分别为89.52%和84.53%。所有测试者对该软件的满意平均值为89.43%。

测试结果还显示,该软件的研究制作,对中学汉语教学和汉语学习是可行的。利用该软件进行汉语教学,可以提高学生的学习兴趣。软件还存在一些不足之处,如课文的排版不够合理,音像存在不对应的情况。此外,软件的题材还可以拓宽,增加一些日常生活、兴趣爱好等更加实用的题材。