Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Hanzi Berdasarkan Pianpang untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang

Anggi Gratia Putri Tatuwo

Abstrak


ABSTRAK

 

Tatuwo, Anggi Gratia Putri, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Hanzi Berdasarkan Pianpang untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sawitri Retnantiti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, kamus hanzi, pianpang.

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berjudul Kamus Hanzi Berdasarkan Pianpang. Media pembelajaran kamus ini berukuran 13 x 20 cm, dengan memuat konsep buku absen dan buku kas yang memiliki ukuran berbeda pada lembarannya. Isi kamus ini adalah kumpulan kosakata pada Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) tingkat 3, khususnyahanzi dengan pianpang sebelah kiri. Pembahasan Hanzi dalam kamus ini meliputi: cara pelafalan, kata yang terbentuk dari hanzi tersebut, arti, jenis kata, serta contoh kalimat.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan adalah prosedur penelitian Hoge, Tondora dan Marelli dan prosedur penelitian Sugiyono yang digabung dan dimodifikasi sesuai keperluan penelitian. Modifikasi prosedur penelitian tersebut menghasilkan enam langkah, yaitu: (1) menetapkan tujuan, (2) merencanakan metode, (3) mengidentifikasi dan menciptakan, (4) mengaplikasikan model tahap 1, (5) mengaplikasikan model tahap 2, dan (6) mengevaluasi dan merevisi model. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kualitatifdanprosentase. Data penelitian diperoleh melalui instrumen lembar angket dan lembar observasi.

Uji validasi produk telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media menyatakan “Valid” dengan prosentase validitas 96, 85%. Hasil uji validasi oleh ahli materi menyatakan “Valid” dengan prosentase validitas 99%. Ujicoba produk dilakukan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang semester 1 angkatan 2017 dalam matakuliah Membaca dan Menulis 1. Hasil observasi yang dilakukan oleh tiga orang observer dan satu orang dosen matakuliah menunjukkan mahasiswa aktif dan antusias menggunakan kamus hanzi berdasarkan pianpang. Dari hasil angket mahasiswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini cukup menarik untuk digunakan. Dari hasil validasi produk, observasi dan angket mahasiswa, produk ini dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin.