Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Penggunaan Kata Bersinonim合适 héshì dan 适合shìhé oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang

Galuh Bunga Usadani

Abstrak


ABSTRAK

 

Usadani, Galuh Bunga. 2017. “Kesalahan Penggunaan Kata Bersinonim合适héshì dan 适合shìhé oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum.

 

Kata Kunci: Kesalahan, Kata Bersinonim, 合适héshì dan 适合shìhé

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kata bersinonim 合适héshì dan 适合shìhé oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2016 Universitas Negeri Malang dan faktor penyebabnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tugas membuat kalimat oleh mahasiswa. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang memuat kesalahan penggunaan kata合适héshì dan 适合shìhé. Dalam proses penelitian, peneliti berperan sebagai intrumen utama, dan tabel dokumentasi serta pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk kesalahan penggunaan kata bersinonim合适 héshì dan 适合 shìhé yang terjadi adalah  kesalahan pemilihan kata 适合 shìhé dan 合适 héshì. Di samping itu, ditemukan pula kesalahan lain yang terkait dengan penggunaan  kata bersinonim合适 héshì dan 适合 shìhé yaitu   interferensi bahasa Indonesia,  missing element, redundant element, sedangkan faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan adalah (1) unsur penulisan huruf  Han yang sangat mirip sehingga terjadi kekeliruan dalam pemahaman makna kata dan penggunaan fungsi sintaksis kata; (2) kesulitan dalam penempatan kata bersinonim 合适 héshì dan 适合 shìhé; (3) mahasiswa masih berpatokan pada bahasa Indonesia.