Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

ANNISA NAAFI ZUHRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Zuhri, Annisa Naafi. 2017. Pengembangan Media E-book untuk Keterampilan Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: M.Kharis, S.Pd., M.Hum.

Kata Kunci: Media, E-book, 旅游 [lǚyóu] ‘wisata’

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Mandarin alternatif berupa  e-book dengan topik wisata 旅游 [lǚyóu] pada matakuliah Membaca1 untuk melatih keterampilan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang pada khususnya.

Metode penelitian dan pengembangan ini deskriptif kualitatif dan memodifikasi model penelitian dan pengembangan Luther- Sutopo (2010) yang terdiri dari 6 tahap. Media di validasi oleh ahli materi, ahli media dan pengguna akhir. Uji coba produk dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu pengujian alpha yang dilakukan uji coba pada ahli materi dan ahli media. Tahap kedua yaitu pengujian beta yang melibatkan satu subjek  coba yakni pengguna akhir. Data diperoleh dari angket dan observasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis data pada pengujian alpha yakni ahli materi diperoleh persentase sebesar 91%, sedangkan dari ahli media diperoleh persentase sebesar 88%. Berdasarkan hasil pengamatan oleh dua observer disimpulkan bahwa setuju ataupun mendukung adanya media e-book untuk membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Sementara itu pada pengujian beta dengan subjek coba mahasiswa data menunjukkan kualifikasi sangat tinggi. Selain itu, terdapat saran-saran perbaikan. Saran dari ahli media adalah perbaiki konsistensi pada layout. Saran dari observer adalah buku e-book ini sebaiknya ditambahkan dengan animasi dan dapat dibaca secara online tanpa mendownload.Saran dari mahasiswa mengenai font pada e-book yang perlu diperbaiki agar pembaca dapat membaca karakter dengan jelas.

Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh menunjukkan kualifikasi sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran  e-book untuk keterampilan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang layak digunakan sebagai sumber belajar topik旅游 [lǚyóu] ‘wisata’.