Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran汉字笔画顺序 (Hànzì Bǐhua Shùnxu)Berbasis Multimedia untuk Melatih Menulis karakter Hanzi pada Mata Pelajaran Bahasa Mandarin

Mizanin Nafi'ah

Abstrak


ABSTRAK

Nafi’ah, Mizanin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran汉字笔画顺序 (Hànzì Bǐhua Shùnxu)Berbasis Multimedia untuk Melatih Menulis karakter Hanzi pada Mata Pelajaran Bahasa Mandarin. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: M Kharis M.Hum.

Kata Kunci: Media,汉字笔画顺序 (Hànzì Bǐhua Shùnxu), Multimedia, Hanzi

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran汉字笔画顺序 (hànzìbǐhuashùnxu) berbasis multimedia untuk melatih menulis karakter Hanzi. Media pembelajaran汉字笔画顺序 (hànzìbǐhuashùnxu) ini disajikan dalam bentuk software yang berisi materi pengenalan karakter Hanzi yang terdiri dari tiga submateri, yaitu guratan dasar, radikal dan cara penulisan. Materi-materi tersebut dilengkapi dengan audio, video dan gambar serta terdapat kumpulan artikel untuk menambah pengetahuan umum terkait karakter Hanzi. Pada media ini juga terdapat 2499 karakter Hanzi yang disajikan dalam bentuk flash.

Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi tujuh (7) langkah yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk.Media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu, ujicoba Mandarin, uji coba kelompok kecil, ujicoba kelompok besar pada kelas X Lintas Minat 1 SMA Negeri 01 Batu. Data diperoleh dari angket yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan persentase.

Berdasarkan analisis data dari ahli media diperoleh persentase sebesar 83,3%. Hasil penilaian ahli materi I terhadap produk diperoleh persentase 85%, sedangkan hasil penilaian ahli materi II  diperoleh u persentase sebesar 84.6%. Pada analisis uji coba mandiri hasil persentase yang diperoleh sebesar 87.5%. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 85.5%. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 81.8%. Selain itu, terdapat saran-saran perbaikan dari validator. Saran ahli media terkait menu kontrol audio dan tambahan perangkat lunak, sedangkan saran ahli materi terkait audio, tambahan bacaan dalam bentuk bahasa Mandarin dan tambahan huruf pinyin untuk memudahkan dalam membacanya.

Hasil keseluruhan diperoleh rata-rata angka persentase sebesar 84.6% atau valid. Hal ini menunjukkan bahwa media  pembelajaran汉字笔画顺序 (hànzìbǐhuashùnxu) berbasis multimedia layak digunakan sebagai sumber belajar materi pengenalan karakter Hanzi. Media ini juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi sekaligus membantu siswa dalam memahami materi.