Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM KETERAMPILAN MENULIS BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI LINTAS MINAT SMA NEGERI 6 MALANG

Yenny Prastika Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Yenny Prastika. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Dr. Herri Akhmad B., M.A., M.Hum

Kata Kunci: mind mapping, keterampilan menulis, bahasa Mandarin.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin dan tanggapan siswa kelas XI lintas minat bahasa Mandarin SMA Negeri 6 Malang terhadap penerapan metode Mind Mapping tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI lintas minat bahasa Mandarin SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 14 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Data dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dalam penerapan metode Mind Mapping yang diperoleh dari lembar observasi dan berupa tanggapan siswa mengenai metode Mind Mapping yang diperoleh dari lembar angket.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Mind Mapping siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam menulis. Selain itu juga menunjukkan bahwa siswa telah mampu menyusun sebuah kalimat yang lengkap, dan menceritakan setiap kejadian dengan runtut. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam pemilihan kosakata, susunan tata bahasa, dan penggunaan tanda baca. Hal tersebut membuat hasil cerita pendek yang telah dibuat kurang maksimal.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa Mind Mapping dapat mempermudah siswa dalam menyampaikan ide dan pikiran dalam sebuah cerita, siswa lebih mudah dalam mengingat hal-hal yang akan dituliskan terkait tema kehidupan sehari-hari, dapat membantu siswa dalam menyusun kalimat menjadi sebuah cerita dengan bantuan kata kunci yang telah tersedia pada lembar Mind Mapping. Dengan demikian, Mind Mapping dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran untuk melatih siswa dalam menulis bahasa Mandarin.