Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN KOSAKATA HSK 3 UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PRODI MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dessy Intan Anggun Pawukir

Abstrak


ABSTRAK

 

Pawukir, Dessy Intan Anggun. 2017. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Kosakata HSK 3 untuk Keterampilan Berbicara Mahasiswa Prodi Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi, Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: M. Kharis, S.Pd, M.Hum.

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, komik, HSK, bahasa Mandarin.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk komik pembelajaran kosakata HSK 3 untuk keterampilan berbicara mahasiswa Prodi Mandarin Universitas Negeri Malang. Media komik ini disajikan dalam bentuk dua dimensi, berwarna dan halamanya kurang lebih sebanyak 30-40 lembar. Topik yang digunakan dalam media ini adalah 我的爱好 (wǒdeàihào), dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai hobi atau hal yang paling kita suka.

            Komik pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian yang diusulkan oleh Sugiyono (2013: 409-426). Adapun tahapan yang dilakukan adalah: (1) Pengkajian potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain dan produk, (5) revisi desain dan produk, (6) uji coba produk, dan (7) penyempurnaan produk akhir. Data diperoleh dari hasil validasi produk dan observasi. Data validasi produk diperoleh dari angket yang ditujukan untuk ahli media dan ahli materi tentang produk yang dibuat. Data observasi adalah data yang diperoleh observer, melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran mahasiswa.

Produk dari penelitian dan pengembangan ini berupa komik bahasa Mandarin yang dapat digunakan sebagai pembelajaran kosakata HSK 3 untuk keterampilan berbicara. Dari hasil validasi dan observasi, media ini dinyatakan layak dan menarik untuk digunakan sebagai pembelajaran kosakata HSK 3 untuk keterampilan berbicara.