Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dengan Tema Kehidupan Sekolah/学校生活 (Xuéxiào Shēnghuó) Untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin

Amaliyatish Shalihah Umamah

Abstrak


ABSTRAK

 

Umamah, Amaliyatish Shalihah. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dengan Tema Kehidupan Sekolah/学校生活 (Xuéxiào Shēnghuó) Untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: buku cerita bergambar, tema Kehidupan Sekolah/学校生活Xuéxiào Shēnghuó, pembelajaran bahasa Mandarin, keterampilan membaca dan menulis.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat produk baru yang menarik dan memudahkan siswa memahami materi pada tema Kehidupan Sekolah/学校生活Xuéxiào Shēnghuó. Produk tersebut berupa buku cerita bergambar sebagai bahan evaluasi pembelajaran bahasa Mandarin.Buku ini berisi cerita deskriptif yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menjelaskan isi cerita. Buku tersebut juga menilai kemampuan siswa pada keterampilan membaca dan menulis.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Sugiyono. Pengembang memodifikasi sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Prosedur penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, danrevisi produk. Buku ini telah melalui proses validasi kepada ahli media dan ahli materi. Buku ini juga telah diujicobakan kepada siswa kelas X Lintas Minat Mayor SMAN 6 Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lapangan dan wawancara kepada guru bahasa Mandarin.Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.

 

Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dengan tema Kehidupan Sekolah/学校生活Xuéxiào Shēnghuóuntuk kelas X layak digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Mandarin. Buku ini juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi untuk tema Kehidupan Sekolah/学校生活Xuéxiào Shēnghuó. Selain itu, buku cerita bergambar ini dapat dijadikan sebagai saranapembelajaran bahasa Mandarin yang kreatif dan menarik untuk siswa.