Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan buku saku bergambar dengan tema kehidupan sekolah untuk penguasaan kosakata bahasa mandarin kelas x sma

Rizandra Wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Rizandra. 2017. Pengembangan Buku Saku Bergambar dengan Tema Kehidupan Sekolah untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A.,

 

Kata Kunci: buku saku, kehidupan sekolah, bahasa mandarin

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan membuat buku saku bergambar sebagai bahan belajar siswa untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Buku ini berisi ujaran dan dialog. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sumber data berupa 12 siswa dan data yang digunakan berupa kegiatan siswa dalam pembelajaran menggunakan buku saku bergambar, sedangkan instrumen pendukung adalah lembar angket yang diisi oleh ahli materi dan ahli media serta lembar observasi yang diisi oleh dua orang observer pada saat ujicoba produk.

Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa buku saku bergambar dengan tema kehidupan sekolah untuk kelas X layak digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Buku ini juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi untuk tema kehidupan sekolah. Selain itu, buku saku bergambar ini dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran bahasa Mandarin yang kreatif dan menarik untuk siswa.