Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI LINTAS MINAT SMAN 6 MALANG

Sugiatik .

Abstrak


ABSTRAK

 

Sugiatik. 2017. Penerapan Model PembelajaranCooperative Script untukMelatih

KeterampilanBerbahasa Mandarin SiswaKelas XI LintasMinat SMAN 6 Malang.Skripsi, JurusanSastraJerman, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. SawitriRetnantiti, M.Pd.

 

Kata Kunci: cooperative script, keterampilanberbahasa Mandarin, SMA kelas XI

Penelitianinidilaksanakandalamdua kali pertemuandengantujuanuntukmendeskripsikan (1) langkah-langkah model pembelajarancooperative scriptuntukmelatihketerampilanberbahasa Mandarin, (2) responsiswasetelah proses pembelajaran, dan  (3) kemampuanberbahasa Mandarin siswasetelahpenerapan model pembelajarancooperative script. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI lintasminat SMAN 6 Malang yang berjumlah 14 orang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskripsikualitatif.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanobservasi, kuesioner, danlembarkerjasiswa.Untukmenjagakeabsahan data, dilakukankegiatantriangulasi data.

Berdasarkanhasil data observasi, kuesioner, danlembarkerjasiswa, aktivitassiswakelas XI lintasminatbahasa Mandarin SMAN 6 Malang denganpenerapan model pembelajarancooperative scriptdapatmelatihketerampilanberbahasadenganbaik. Kemampuanmenulisdanberbicarasiswabaik.Kemampuanmenyimaksecaraberpasanganlebihmemudahkansiswauntukmenjawabsoalmenyimak.Siswamampumemahamiteks yang ditulisdengan汉字(hànzì), meskipunmasihadasiswa yang kesulitan. Penelitiselanjutnyadiharapkandapatmengembangkanvariasibacaan yang serupadanlebihmemudahkanuntukmelatihketerampilanmembacabahasa Mandarin siswa. Hal tersebutterjadikarenasiswatidakterbiasadantidakmenguasai汉字(hànzì). Penerapan model pembelajarancooperative scriptuntukmelatihketerampilanberbahasa Mandarin siswa, tidakcukupjikadalampelaksanaannyahanyadalamsatuataudua kali pertemuan.Penelitiselanjutnyajugadiharapkanuntukmempertimbangkanwaktupelaksanaanuntukmemperolehhasil yang lebihmaksimaldan agar guru dapatmembimbingsiswa yang masihkesulitan.