Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK BAHASA INDONESIA-MANDARIN BAGI PEMBELAJAR PEMULA

Rahayu Ning Tias

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningtias, Rahayu. 2017. Pengembangan Kamus Tematik Bahasa Indonesia-Mandarin bagi Pembelajar Pemula. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A.

 

Kata Kunci: pengembangan, kamus tematik, pembelajar pemula

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kamus tematik bahasa Indonesia-Mandarin bagi pembelajar pemula. Kosakata yang tersaji dalam kamus berdasarkan silabus 2016 kelas X semester 2 dengan tema kehidupan sehari-hari, yang berisi rutinitas sehari-hari, alat transportasi, rambu, hobi dan hari raya Tiongkok. Selain itu, kamus ini juga dilengkapi dengan gambar, Hanzi, Hanyu Pinyin, contoh penggunaan kalimat, serta cara pelafalannya.

Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari model prosedural milik Sugiyono yang telah dimodifikasi oleh pengembang. Prosedur pengembangan dilakukan dalam tujuh tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk.

 

Uji validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kevalidan oleh ahli materi secara keseluruhan menyatakan "sangat sesuai" dan hasil uji kevalidan oleh ahli media secara keseluruhan menyatakan "sesuai". Penilaian ujicoba produk dilakukan di SMA Negeri 2 Malang Lintas Minat 1 Bahasa Mandarin kelas X oleh dua observer dengan hasil keseluruhan menyatakan "sangat sesuai". Dari hasil penilaian tersebut produk dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar penunjang pembelajaran bahasa Mandarin bagi pembelajar pemula.