Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 2 Malang.

Silvi Azzahrah Nuzula

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang, dan 2) mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN  2 Malang. Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui kegiatan penelitian untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek pembelajaran tertentu.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif, yaitu  mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Terdapat enam tahapan dalam proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning yaitu : 1) penentuan pertanyaan mendasar, 2) mendesain perencanaan proyek, 3) menyusun jadwal, 4) monitoring, 5) menguji hasil, serta 6) evaluasi proses dan hasil.

 

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Siswa bekerja sama secara kolaboratif dalam menyelesaikan proyek pembelajaran serta aktif dalam mengungkapkan gagasan secara lisan dalam bahasa Mandarin. Tahapan dalam model pembelajaran Project Based Learning dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan keberhasilan proyek untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran.